oleh

Mahasiswa S3 UNTAG Lakukan Penelitian Terhadap Nelayan Lingga

Harianmemokepri.com | Lingga — Seorang mahasiswa S3 Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya melaksanakan penelitian tentang pengaruh produktivitas usaha, beban sosial ekonomi, dan peluang usaha non nelayan, terhadap kerentanan dan kemiskinan rumah tangga nelayan kecil di wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Pria bernama Zulkipli yang juga merupakan Inspektur Wilayah ll BPS Pusat ini mengatakan bahwa dirinya akan melakukan penelitian untuk disertasi kepada 200 orang nelayan kecil di Lingga, dan saat ini diambil sampel 23 orang Warga Nelayan Desa Linau.

“Sekarangkan yang masih banyak belum tersentuh itu nelayan apalagi yang berpenghasilan di bawah 1 Juta atau 2 Juta, jadi dari kegiatan penelitian disertasi ini yang pertama jelasnya untuk tujuan penelitian dalam rangka desertasi sehingga kalau memang hasilnya bisa ditembuskan ke Pemerintahan Lingga bisa lebih bagus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di Lingga,” ungkap Zulkipli

Zulkipli dan 2 anggota BPS Provinsi Kepri bersama Kepala Desa dan Ketua RW 02 Desa Linau
Zulkipli dan 2 anggota BPS Provinsi Kepri bersama Kepala Desa dan Ketua RW 02 Desa Linau

Zulkipli juga menjelaskan, sample penelitian akan dilakukan di wilayah pesisir seperti di Desa Linau, Senayang, Kelumu, Tanjung Kelit, dan lainnya.

Dengan pertanyaan tentang kehidupan nelayan seperti pengeluaran, kesulitan apa selama menjadi nelayan, keahlian khusus apa yang dibutuhkan, dan pelatihan seperti apa yang diperlukan, yang pada inti kedepannya untuk menarik perhatian dari dinas terkait.

“Makanya kita butuh data yang lengkap dari para nelayan agar dari data ini nanti bisa kita ambil kesimpulan apa dan bagaimana yang harus dilakukan untuk membantu jalannya ekonomi para nelayan yang ada di Wilayah Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nanda Muliansyah M.Si, Seksi Statistik Kependudukan, BPS Provinsi Kepulauan Riau, juga memberikan imbauan bahwa pada bulan September nanti, Badan Pusat Statistik akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020, untuk mendata semua penduduk secara serentak di seluruh Indonesia.

Bp Batam 2020
BACA JUGA :  Penegakan Protkes, Sekretaris Satpol PP Herry: Jumlah Pelanggaran Berkurang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.