Beranda Berita Kepri Lurah Kampung Bugis beserta Tim Proklim Tinjau Lokasi Pertanian dan Peternakan

Lurah Kampung Bugis beserta Tim Proklim Tinjau Lokasi Pertanian dan Peternakan

Harian Memo Kepri | Tanjungpinang — Dalam rangka menjaga ketahan pangan, Lurah Kampung Bugis beserta rombongan Tim Proklim melakukan peninjauan lokasi lahan pertanian dan peternakan disamping Kantor Pengadilan Agama dan Sei Ladi Darat, Tanjungpinang, Jumat (26/06/20).

Lahan seluas 7000 meter ini ditanami sayur bayam, kacang panjang, cabe merah, ketimun, dan kangkung. Lahan ini sudah dibuka selama 5 bulan terakhir dan dikelola dengan baik oleh Mahwan.

Lurah Kampung Bugis Rio Reinaldy S.STP bersyukur bahwa kegiatan bisa disejalankan dengan Proklim (Program Kampung Iklim) yang memiliki nilai sangat membanggakan.

Menyerahkan bantuan Alat Pembasmi Hama
Menyerahkan bantuan Alat Pembasmi Hama

“Saat ini sedang dilirik pihak kementerian, rencananya akan ada penilaian dikemudian hari, oleh karena itu kami langsung turun ke lapangan bersama teman-teman Proklim untuk mempersiapkan serta memberikan bantuan berupa alat semprot hama dari pihak Kelurahan Kampung Bugis,” ungkap Rio.

IProklim ini sendiri Rio menunjuk RW di wilayah Sungai Ladi yang sangat siap serta semangat untuk menjalankan program.

“Bagaimana menciptakan kampung yang asri dengan Proklim ini sudah menjadi lirikan pemerintah pusat, sejauh ini untuk kelompok dan koperasi ada beberapa di wilayah Sungai Ladi Darat, baik yang sudah menerima bantuan, atau akan menerima bantuan dari kota, provinsi maupun dari pihak lainnya,” jelasnya.

Rio Reinaldy S.STP Membantu Menanam Sayur Bayam
Img 20200626 1aRio Reinaldy S.STP Membantu Menanam Sayur Bayam65632

Harapan untuk kedepannya walaupun tidak seberapa dari pihak Kelurahan Kampung Bugis untuk membantu, tetapi juga akan mencoba melobi Dinas Pertanian Kota Tanjungpinang, maupun Provinsi Kepri, agar dapat memberikan bantuan.

Sementara itu, Ketua Proklim Yusmanto menjelaskan bahwa dirinya selaku ketua sangat mendukung kegiatan untuk mempertahankan sandang pangan bagi petani.

“Jadi Proklim ini ada banyak sekali kegiatan tentunya dari pertanian, peternakan, juga ada pengoposan, nelayan dan termasuk mangrove juga ada,” ucapnya.

Mahwan selaku pengelola menyebutkan, hasil dari bercocok tanam ditempat tersebut pihak tengkulak yang mengambil, mereka yang sudah membantu buka lahan, memberikan pupuk, dan bibitnya jadi pihaknya tidak membeli bahan tersebut.

“Kemana-mana cukup memesan kepada tengkulak itu, jadi penghasilan yang diterima itu hitunganya per panen, berapa banyak yang di panen itu yang akan dibagikan kepada kami,’ pungkas Mahwan.

Selanjutnya Lurah Kampung Bugis bersama rombongan Proklim  melanjutkan peninjauan ke lokasi peternakan sapi di Sungai Ladi Darat.

Peternakan ini dikelola oleh kelompok ternak Mugi Lancar yang sudah lima tahun berjalan, pada awal tahun 2014 dibentuk sudah menerima bantuan tiga ekor sapi dari Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Iklan

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Segenap Crew Media Harianmemokepri.com Mengucapkan Selamat Hut Bhayangkara Ke 74

BERITA TERBARU