Satgas Karhutla Lakukan Pemadaman Api di Pemukiman Warga

- Sabtu, 6 Maret 2021 | 17:37 WIB
satgas karhutla lakukan pemadaman api di pemukiman warga
satgas karhutla lakukan pemadaman api di pemukiman warga

Lingga -- Satgas Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Lingga, kembali melakukan upaya pemadaman api yang membakar lahan di pemukiman warga, Jalan Bukit Cening, Gang SMK, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga.

Di lokasi kejadian, Kepala Badan penanggulangan bencana daerah (BPPD), Oktavianus Wilsa mengatakan bahwa diduga ada warga yang belum mengerti tentang bahaya Karhutla, Damkar beserta BPBD akan terus menindak lanjuti setiap laporan.

"Ini buktinya masyarakat tidak mengerti bahaya Karhutla, pagi ini saja kita duga ada warga yang membakar lahan di wilayah pemukiman sehingga kalau tidak diambil tindakan cepat maka akan mengakibatkan kebakaran rumah seperti yang kita lihat di kiri kanan kita banyak terdapat rumah warga," jelas Oktavianus Wilsa, Sabtu (06/03/21)

"Kita juga mengimbau, sebelum melakukan tindakan, sebelum melakukan pembakaran, pikirkan terlebih dahulu, karena efeknya nanti bukan hanya ke pemilik lahan saja, tapi juga ke masyarakat sekitar," lanjut Okta.

"Dan kita berharap, ada tindak lanjut secara tegas serta penegakan aturan dari pihak berwenang agar kejadian seperti ini tidak terus berulang sehingga menyebabkan kerugian nyawa atau korban," pungkasnya

Sementara itu, pada hari sebelumnya, Jumat 3 Maret 2020, kebakaran juga terjadi di lahan perkebunan milik warga di Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya.

Ahmad Kepala Desa Panggak Laut mengatakan, kejadian kebakaran diketahui setelah adanya laporan dari warga.

-
Ahmad, Kades Panggak Laut

"Kejadiannya sudah dari hari Kamis, dan mengetahui itu kami pun bersama warga bergegas ke lokasi berupaya untuk memadamkan, rupanya mungkin masih ada sisa api jadi sampai hari ini masih belum padam," jelas Ahmad.

Ahmad juga mengimbau, di musim angin dan cuaca panas seperti sekarang ini warga harus tetap waspada dan tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Dengan kejadian yang pada hari ini dan untuk kedepannya, kita berharap semoga masyarakat tidak lagi melakukan aktifitas bakar-membakar lahan." ucap Ahmad.

Editor: Redaksi

Terkini

Alias Wello Mantapkan Diri Maju ke DPD RI

Sabtu, 31 Desember 2022 | 11:11 WIB
X