Lantamal IV Tanjungpinang Gagalkan Ribuan Mikol

Barang bukti minuman alkohol yang berhasil di amankan Lantamal IV Tanjungpinang
Barang bukti minuman alkohol yang berhasil di amankan Lantamal IV Tanjungpinang

TNI Kepri – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak minuman beralkohol 6.750 botol dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Virgo di perairan Pulau Mapor, Kepulauan Riau, Selasa (22/2) malam.

Ribuan Botol minuman beralkohol yang diduga akan diselundupkan itu, ditangkap dari Kapal Motor (KM) Virgo yang dinahkodai T. Selain mengamankan barang bukti Mikol, TNI-AL juga mengamankan 7 Anak Buah Kapal (ABK) Daftar ABK KM. Antoni Nahkoda inisial Tj (53) Anak Buah Kapal (ABK) Sw (45), EA (40), Dr (37 ), ND (46), KM (34) dan NH (58) .

Upaya penyelundupan minuman beralkohol yang diduga akan dikirim ke Palembang ini, digagalkan oleh personil Babinpotmar Posal Kijang wilayah kerja Mapor Lantamal IV Tanjung Pinang, didasarkan informasi intelijen yang telah mendeteksi dan mengamati pergerakan kapal masuk perairan Indonesia dalam wilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang.

BACA JUGA :  Bantuan Nasi Kotak Bagi Isoman Covid Terjadi Penurunan

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal IV), Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, mengatakan pengamanan ribuan mikol didalam kapal itu dilakukan oleh personil Babin Potmar Posal Kijang wilayah kerja Mapor Lantamal IV Tanjungpinang.

“Penangkapan kapal penyelundupan minuman beralkohol ini, dilakukan atas informasi yang telah lama dilakukan pengamatan, pergerakan kapal masuk perairan Indonesia dalam wilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang,” ujar Danlantamal IV Tanjungpinang, Rabu ( 23/02 ).

Menindaklanjuti hal tersebut, Lantamal IV menggerakkan unsur satrol yaitu Kal Anakonda dan Patkamla Setumu untuk melakukan tindakan penghentian dan pemeriksaan langsung ke kapal dan selanjutnya melakukan pengecekkan muatan dan dokumen kapal. Hasil pemeriksaan diketahui kapal membawa/mengangkut minuman beralkohol.

“Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap muatan kapal tersebut, benar telah ditemukan berbagai jenis minuman beralkohol dengan jumlah kurang lebih 6750 botol tanpa dilengkapi surat-surat,”

BACA JUGA :  140 Orang PMI dan WNI-M KPO Tiba di Tanjungpinang

Hasil penyelidikan dokumen diketahui pula bahwa kapal berupaya melakukan pengelabuan dengan cara mengganti identitas kapal, menggunakan nama palsu menjadi KM ANTONI.

Guna penyidikan lebih dalam, selanjutnya KM Virgo dibawa ke Lantamal IV guna pengembangan motifnya yang selanjutnya akan diproses hukum sesuai hukum yang berlaku.

” Merupakan salah satu wujud kerja nyata TNI Angkatan Laut untuk tegas menindak pelaku pelanggar hukum di laut yang merupakan bagian perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono poin ke tujuh yaitu jaga Kepercayaan Negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan Negara,” pungkas Laksma TNI Dwika Tjahja Purnama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.