Beranda Berita Kepri Lanal Ranai Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha 1440 H

Lanal Ranai Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha 1440 H

35 views

Harian Memo Kepri | Natuna — Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E., dan Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I Ny. Winny Harry Setyawan dan keluarga besar Lanal Ranai melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Penyembelihan dilaksanakan setelah sholat Idul Adha 1440 H di Mako Lanal Ranai, Minggu (11/08).

Selain membagikan daging hewan kurban kepada seluruh keluarga Lanal Ranai, sebagian daging kurban juga dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Ceruk, Kec. Bunguran Timur Laut.

Kepala Desa Ceruk Ramli mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanal Ranai atas perhatiannya kepada masyarakat Desa Ceruk, khususnya warga kurang mampu.

Masih dalam kegiatan yang sama, Komandan Lanal Ranai menyampaikan bahwa melalui kegiatan menyembelih hewan kurban ini telah mendapat suatu pelajaran dari Allah SWT, agar mampu menghilangkan sifat egois.

Ia juga mengajak semua yang hadir untuk membuang jauh sifat egois tersebut.

“Ibadah kurban merupakan latihan agar umat pemeluk agama Islam selalu membiasakan diri memperhatikan orang lain yang ada di sekitarnya, dengan membagikan sebagian rezeki yang dikaruniakan Allah SWT kepadanya, dan dapat memberikan yang terbaik untuk orang lain,” ucapnya.

Hakikat ibadah penyembelihan hewan kurban ini, lanjut Harry, sebenarnya bukan kurus atau gemuknya hewan sembelihan itu, bukan pula daging atau darahnya yang sampai kepada Allah SWT.

Namun yang terpenting adalah nilai taqwa dibalik pelaksanaan ibadah tersebut, seperti tertulis dalam firman Allah dalam Al Quran, “Allah SWT tidak menerima dagingnya dan tidak pula darahnya. Akan tetapi Allah SWT menerima nilai taqwa kalian”. (Al Hajj: 37).

Selain itu, menurut Danlanal Ranai bahwa esensi dari ibadah qurban itu adalah mengisyaratkan pentingnya pengabdian dan pengorbanan sebagai prajurit TNI terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Penulis| Salohot
Sumber| Dok| Pen Lanal Ranai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.