Lanal Batam Dapat Tambahan Armada Patroli

Mako Lanal Batam (Foto : Ist)

HarianMemoKepri.com, Batam – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam mendapat tambahan armada untuk patroli. Kapal yang didapat berupa Riggid Hulled Inflated Boat (RHIB).

“Ini kapal paling canggih. Bisa 60-70 knot. Apa yang dilihat di lapangan bisa langsung terhubung ke display di markas,” kata Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan di Sekupang, Rabu, (07/3).

Kapal buatan Yunani ini, menurut Iwan, sudah berada di Batam sejak 2017 lalu. Saat ini kapal ditambat di Nongsa dan sudah beberapa kali digunakan untuk latihan.

Iwan mengatakan karena kapal ini tergolong baru dan canggih, maka kru dan pengawalnya pun harus khusus. Dan sekarang dalam proses pelatihan. “Ini bisa untuk patroli apapun. Tapi untuk mengejar yang kecepatan tinggi, yang high speed,” ujarnya.

Selain penambahan armada, upaya peningkatan pengawasan batas laut negara juga dilakukan melalui kerjasama lintas institusi. Yakni patroli bersama antara Pangkalan Utama AL (Lantamal) IV, termasuk Lanal Batam di dalamnya, dengan Bea Cukai.

Selama ini, aparat keamanan patroli masing-masing. Tapi sekarang operasi pengawasan dilakukan bersama agar lebih maksimal. Guna mencegah masuknya barang haram dan berbahaya ke Indonesia melalui perairan Batam dan Kepulauan Riau umumnya. (Red/MB)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.