Ketua Pansus DPRD Batam: SDM OPD Batam Banyak yang Tidak Mempuni

rdpu lanjutan bersama pihak pt smoe dijadwalkan ulang dprd batam
DPRD Kota Batam

Batam — Rapat final mengenai pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2021 sebelum akhirnya diserahkan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam  di laksanakan serta dipimpin langsung oleh Ketua Pansus Aman, S.Pd.

“Sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditentukan, Rapat Koordinasi (Rakor) ini akan berakhir  pada tanggal 13 Mei mendatang, dan akan kita sampaikan nanti di Rapat Paripurna,” ujar Aman, Selasa (10/05/2022) sekitar Pukul 14.50 Wib.

Adapun hasil Rapat bersama tiga Instansi merupakan linik sektor dan menyusun persepsi RPJMD yang akan dijadikan alat ukur pencapaian terhadap target – target yang ada.

“Kita memiliki 2 RPJMD, dikarenakan pada saat itu Bapak Wali dan Bapak Wawako habis masa jabatannya, lalu terpilih kembali, selanjutnya jadilah dua  RPJMD yakni, di tahun 2016 s/d 2021 dan 2021 s/d 2026. Namun RPJMD 2021 ini baru menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada 12 Desember 2021 lalu. Secara mayoritas kita masih menggunakan RPJMD tahun 2016, ketika hasilnya sandingkan, maka ada beberapa target yang berhasil di capai, dan ada yang tidak tercapai. Inilah yang menjadi persoalan, karena menjadi sebuah penilaian dari Pusat untuk Walikota Batam,” sebut Aman.

Lebih lanjut Aman menyampaikan bahwa, alasan yang paling penting ialah, masalah Covid-19. Dimana dengan banyaknya anggaran yang di refocusing, sehingga hal ini tentunya menjadi salah satu penyebab dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak dapat menjalankan kegiatan secara Optimal.

“Akan tetapi, hal itu jangan lantas di jadikan sebuah alasan yang utama, justru banyak juga dijumpai OPD yang tidak mencapai target. Dan hal yang paling kursial ialah, penyajian data yang tidak valid, serta banyaknya OPD ketika di minta data malah tidak memahami alur data tersebut,” jelasnya.

Saat itu, Aman juga menilai, banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak mempuni di OPD yang ada di Kota Batam.

“Tidak sedikit OPD di Kota Batam ini yang tidak mempuni. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan besar dan persoalan yang serius. Saya berharap apapun masalahnya, agar dapat diselesaikan dengan cara yang bijak, sehingga dapat memajukan Kota Batam”. pungkasnya.

Turut hadir mendampingi saat itu, Wakil Ketua Muhammad Rudi, ST, serta Instansi Vertikal diantaranya Baperlitbang, Inspektorat, dan BPKAD Kota Batam. Dimana dalam Rapat tersebut, Ketua Pansus berharap apa yang telah dibahas beberapa bulan ini menjadi titik terang untuk kemajuan Kota Batam. (gerbangkepri)

 184 Pengunjung

hijau dan putih profesional iklan promosi diskon ongkos kirim banner landscape (512 × 200 piksel)
whatsapp image 2022 04 29 at 12.49.43 whatsapp image 2022 04 30 at 15.19.45 (1) hari kebangkitan nasional 2022 (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.