Kesenian Singo Barong, Rahma: Kesenian Daerah Terus Eksis ditengah Perkembangan Zaman

Pertunjukan Singa Barong oleh Sanggar Seni Singa Barong Tri Manggolo
Pertunjukan Singa Barong oleh Sanggar Seni Singa Barong Tri Manggolo

Tanjungpinang – Dalam memperingati tahun baru Islam ( Hijriah ), Sanggar Seni Singa Barong Tri Manggolo menggelar pentas seni Singo Barong di Halaman Kantor Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Minggu ( 31/07 ).

Pada pentas seni Singo Barong tersebut, Walikota Tanjungpinang Hj Rahma turut serta menyaksikan pertunjukan Singo Barong serta mengapresiasi terselenggaranya pentas seni budaya sebagai salah satu cara untuk melestarikan seni budaya di Indonesia.

“Kegiatan pentas seni merupakan salah satu upaya untuk terus melestarikan budaya dan memperkenalkan kepada masyarakat luas. Terima kasih kepada sanggar-sanggar kesenian yang terus melestarikan kebudayaan kita dan terus meregenerasi anggotanya. Terlihat semakin banyak masyarakat dan anak-anak muda yang tertarik untuk mengikuti sanggar seni,” ucapnya.

BACA JUGA :  Capres Fiktif 2019 Viral di Sosmed, Nurhadi - Aldo jadi Trending hingga Banyak Pendukung

Rahma juga menyampaikan bahwa pentas seni selain untuk melestarikan budaya juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Dengan pentas seperti ini, selain untuk melestarikan kebudayaan juga sekaligus dapat menghibur masyarakat.

“Karena kita ketahui selama pandemic lalu, seluruh kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan tidak dapat dilaksanakan. Dan Alhamdulillah akhirnya masyarakat dapat kembali dapat menikmati pentas seni yang sudah lama dinanti,” lanjut Rahma.

Rahma berharap kesenian daerah dapat terus eksis ditengah perkembangan zaman, kesenian daerah terus bertahan, semakin dikenal di masyarakat luas, dan bagi generasi penerus agar turut mencintai dan ikut melestarikan kesenian sehingga tidak hilang oleh zaman.

BACA JUGA :  Rahma Beri Lima Set Kompang Pada Peringatan Tahun Baru Islam di Kampung Sidomulyo

“Jika ada acara keramaian, tentunya menjadi sebuah kesempatan bagi para pedagang untuk berjualan. Hal ini turut meningkatkan perekonomian bagi masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu untuk menambah kemeriahan dan keseruan acara, bagi penonton anak-anak Rahma juga memberikan uang jajan untuk dibelanjakan di seputaran arena pertunjukan.

“Ayo bersama kita dukung UMKM dan pedagang, kita lariskan dagangan yang berjualan disini,” ujar Rahma yang disambut bahagia oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.