Kemenag RI akan Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H

POPULER HARI INI

Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar sidang Isbat atau penetapan awal bulan Syawal 1442 H pada tanggal 11 Mei 2021 bertepatan saat 29 Ramadhan 1442 H, Jumat (07/05).

Sidang Isbat akan dilaksanakan secara online / daring dengan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara langsung di kantor Kemenag. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di rencanakan akan memimpin langsung sidang Isbat mendatang.

Dirjend Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin di kutip Kompas.com menjelaskan, Isbat awal bulan Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring.

“Karena Indonesia masih dalam kondisi Pandemic Covid 19, sidang Isbat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, adapun sidang hanya dihadiri Menag dan Wakil Menag Zainut Tauhid Sa’adi, pihak Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan daring untuk peserta sidang maupun media” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Agus Salim mengatakan, adapun tahapan sidang Isbat hampir sama seperti sidang penetapan 1 Ramadhan yang lalu.

“Hasil sidang Isbat akan di umumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan live streaming medsos Kemenag, ” ucap Agus.

Kemenag dijadwalkan melakukan Rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. DKI Jakarta misalnya Rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementrian Agama DKI Jakarta Lantai Tujuh.

 


 



Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img
spot_img