Kemenag Kota Tanjungpinang Keluarkan SE Pelaksanaan Ibadah Idul Adha di Masa Covid 19

Surat Edaran dari Kemenag Kota Tanjungpinang
Surat Edaran dari Kemenag Kota Tanjungpinang

Harian Memo Kepri | Tanjungpinang – Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang telah mengeluarkan surat edaran pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan dan ke halalan daging Qurban dalam situasi Pandemic Covid 19, Senin (29/06/20).

Dalam surat edaran tersebut menyebutkan, menindaklanjuti surat Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Nomor : B. 1396 / Kw. 32.5 / BA. 03/6/ 2020 Tanggal 24 Juni 2020 dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor : 31 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan penyembelihan hewan dan ke halalan daging Qurban dalam situasi Pandemic Covid 19, maka perlu memperhatikan protokol kesehatan yang di tetapkan Pemerintah sebagai upaya antisipasi penyebaran / penularan virus Covid 19 Tersebut.

Pelaksanaan penyelenggara penyembelihan hewan qurban dilakukan dengan mengikuti prosedur pelaksanaan New Normal, oleh karena itu perlu dilakukan langkah – langkah dalam pencegahan serta mengendalikan potensi penularan Covid 19 di tempat penjualan dan pemotongan hewan qurban dengan memperhatikan faktor – faktor Sebagai berikut :

  1. Interaksi antar orang dengan jarak dekat serta waktu berinteraksi pada saat kegiatan qurban.
  2. Perpimdahan orang antar Provinsi / Kota / Kabupaten saat kegiatan qurban.
  3. Status Wilayah dengan tingkat Kejadian yang tinggi serta Penyebaran yang sangat luat di suatu wilayah akan meningkatkan resiko penularan.
  4. Penularan melalui saat batuk / bersin atau penularan tidak langsung melalui kontaminasi dengan permukaan benda.
  5. Faktor lainnya seperti adanya penyakit diabetes, hipertensi, gangguan paru-paru dan gangguan ginjal, resiko pada usia tua, penularan pada pengguna transportasi public, dirumah dan komunitas.
BACA JUGA :  Tanpa Listrik dan Air, Pos Polisi Terdepan di Perbatasan Malaysia
SE dari Sekjen Kemenag RI
SE dari Sekjen Kemenag RI

Sementara itu SE dari Sekjen Kemenag RI Nomor 31 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan penyembelihan hewan dan ke halalan daging Qurban dalam situasi Pandemic Covid 19 menjelaskan, sehubungan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2020 M dan Kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban dalam masa Covid 19 maka dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 / Permentan / PD. 410./ 9 / 2014 tentang pemotongan hewan qurban dan Surat Edaran Kementerian Pertanian Nomor : 0008 / SE / PK. 320./ F / 06 / 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang pelaksanaan kegiatan qurban dalam situasi Pandemic Covid 19, perlu memperhatikan protokol kesehatan yang di tetapkan Pemerintah sebagai upaya antisipasi penyebaran / penularan virus Covid 19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.