Beranda Berita Kepri Kebijakan Pemerintah Melakukan Lockdown dari Perspektif Pendidikan

Kebijakan Pemerintah Melakukan Lockdown dari Perspektif Pendidikan

Oleh : Bella
Mahasiswi Semester VI
Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang

Virus Corona atau yang sekarang ini sering disebut sebagai Virus Covid-19 yang menjadi perbincangan hangat yang menghiasi laman Tren pada Rabu (18/03/2020). Virus Covid-19 ini pertama kali menyebar di Kota Wuhan, China pada akhir Desember lalu. Virus Covid-19 ini dengan mudah menyebar secara cepat.

WHO sendiri telah mengumumkan bahwa wabah virus Covid-19 ini sebagai pandemic global. Indonesia menjadi salah satu Negara yang positif terkena wabah virus Covid-19. Menurut Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (02/03/2020) mengumumkan bahwa kasus pertama yang terjadi di Tanah Air menimpa dua orang warga Depok, Jawa Barat.

Seiringnya waktu berjalan kini  dimana jumlah kasus virus Covid-19 dan korban jiwa di Indonesia kian bertambah menjadi 172 orang pada Selasa (17/02/2020) yang disampaikan oleh Ahmad Yurianto (juru bicara pemerintah penangan virus corona). Secara signifikan terhadap kasus Covid-19 yang kian cepat menyebar maka Indonesia sendiri harus mengeluarkan Kebijakan Lockdown.

Sejumlah Negara telah memutuskan untuk melakukan lockdown dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 yang semakin luas. Negara yang telah melakukan lockdown itu antara lain Italia, Denmark, Filipina, dan Irlandia.

Sementara sekarang ini Negara yang akan menyusul melakukan Kebijakan Lockdown yaitu Malaysia. Menurut Presiden Joko Widodo, di Istana Bogor, Senin (16/03/2020) mengatakan bahwa belum berpikir untuk menerapkan atau melakukan kebijakan lockdown atau membatasi akses keluar masuk di wilayah tertentu, demi mencegah virus Covid-19 serta melarang pemerintah daerah untuk melakukan lockdown  atau karantina wilayah dalam menghadapi penyebarah virus Covid-19.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Kebijakan lockdown hanya dapat diambil oleh pemerintah pusat. Presiden Joko Widodo juga menyebutkan bahwa saat ini yang paling penting dilakukan oleh pemerintah bagimana mengurasi mobilitas orang , menjaga jarak serta menjauhi kerumunan orang banyak yang bisa menyebabkan penyebaran virus Covid-19 serta melakukan aktivitas yang produktif dari rumah.

Namun sejumlah politikus di Senayan mendesak agar segera menetapkan kebijakan lockdown. Dengan adanya Kebijakan Lockdown yang pemerintah Indonesia lakukan bisa kita lihat dari salah satu Perspektif Pendidikan yaitu guna untuk menghindari atau menghentikan penyebaran Covid-19 merupakan langkah yang tepat dan baik.

Dimana seluruh masyarakat yang ada di Indoneisa secara langsung bisa terhindar dari penyebarakn virus Covid-19 dengan cara berdiam diri dirumah atau menjauhi kerumunan orang ramai serta menjaga jarak antar sesama.  Namun hal itu akan berjalan dengan baik apabila pemerintah Indonesia melakukannya dengan bijak. Lockdown yang dilakukan khususnya Indonesia bagi dunia Pendidikan sangat lah tepat, apabila hal itu tidak menghambat proses pembelajaran.

Kebijakan Lockdown juga dapat dilakukan apabila pihak yang terkait dapat memfasilitasi E-lerning yang dapat diakses oleh semua pihak bagi siswa atau mahasiswa serta pendidiknya. Apabila Kebijakan lockdown ini diberlakukan maka pemerintah atau pihak-pihak yang terkait harus menyediakan atau memenuhi kebutuhan para siswa atau mahasiswa serta pendidiknya agar proses pembelajaran bisa berjalan seperti sedikala tanpa adanya kesulitan bagi siswa dan mahasiswa serta pendidiknya.

Kebijakan lockdown yang akan dilakukan oleh pemerintah sebaikanya harus disegerakan agar pemerintah tidak lebih terlambat dalam menangani virus Covid-19 yang memakan begitu banyak korban akbiat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, dengan adanya Kebijakan lockdown ini agar bisa mengurangi korban jiwa yang terkena virus Covid-19 serta  kebijakan lockdown ini merupakan kebijakan yang dibutuhkan untuk membatasi ruang interaksi masyarakat yang telah terjadi di Indonesia saat ini. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU