oleh

Kartu Natuna Sehat Tidak Berlaku di Anambas

Kepri HMK, Anambas — Kartu Natuna Sehat (KNS) dari program jaminan kesehatan Pemerintah Daerah (Pemda) Natuna tidak berlaku di Anambas.

Hal ini terungkap ketika Urai Abdullah (62) warga Serasan Kabupaten Natuna tidak bisa menggunakan kartu yang hanya diperuntukkan bagi warga kurang mampu ini di Rumah Sakit Lapangan (RSL) di Kecamatan Palmatak Anambas.

Urai yang awalnya dirawat di rumah sakit umum Tarempa terpaksa dirujuk ke RSL karena menderita penyakit Susp CKD dengan Edema Anasara plus Anemia dengan menjadi pasien umum.

Dilansir dari metrosidik.co.id, perihal tidak diterimanya KNS di Anambas dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Rinaldi. Menurutnya, program jaminan kesehatan Natuna Sehat hanya berlaku pada rumah sakit yang sudah berkerjasama dengan pihak pemerintah daerah Natuna melalui Memorandum of Understanding (MoU).

“Program Kartu Natuna sehat bekerjasama dengan rumah sakit di beberapa daerah seperti di Tanjungpinang, Batam, Pekanbaru, Jakarta bahkan Pontianak. Kita Pemda Natuna tidak bekerjasama dengan rumah sakit ditingkat level yang sama, seperti di Kabupaten Kepulauan Anambas,”kata Rizal.

Rizal mengarahkan untuk menghubungi Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan terkait dengan kelanjutan biaya pengobatan Urai.

Terpisah, Musmulyadi yang merupakan Kabid Pelayanan Kesehatan Natuna menyampaikan bahwa KNS belum terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, sehingga hanya berlaku di rumah sakit yang sudah ada MoU.

”Saat ini ada sekitar 5000 peserta yang masuk di program Natuna Sehat dan 5000 itu Insya Allah akan terintegrasi ke BPJS Kesehatan pada tahun 2019 mendatang. Jika pasien dari Natuna itu dirujuk keluar daerah seperti Tanjungpinang dapat di tanggung oleh program Natuna Sehat, meskipun dirujuk dari RS Anambas ” ujarnya. (red)

Bp Batam 2020
BACA JUGA :  Hamid Rizal Inginkan Natuna dan Anambas Berdiri Sebagai Provinsi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.