Beranda Berita Kepri Kapolres Tanjungpinang : Pedagang dan Distributor Jangan Lakukan Penimbunan Bahan Pokok

Kapolres Tanjungpinang : Pedagang dan Distributor Jangan Lakukan Penimbunan Bahan Pokok

10 views
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi (foto. ist)

HarianMemoKepri.com, Tanjungpinang – Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpiang akan menindak tegas para pedagang dan distributor yang melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok selama bulan puasa dan lebaran.

“Kami minta kepada pedagang dan distributor untuk tidak melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok,” ujar Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, sebagaimana dikutip dari batamtoday, Sabtu (26/5/2018).

Jika para distributor dan pedagang di Tanjungpinang melakukan penimbunan kebutuhan bahan pokok maka dapat berdampak pada kenaikan harga kebutuhan bahan pokok. Hal ini kerap terjadi pada saat hari-hari besar keagamaan, seperti pada saat bulan Ramdhan ini.

Namun, berdasarkan laporan dari Satgas Pangan Polres Tanjungpinang bahwa beberapa komoditas ada yang mengalami kenaikan harga tetapi masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Hanya komoditi daging yang mengalami kenaikan harga, tetapi masih batas toleransi seperti harga daging sapi dari Rp140 ribu naik menjadi Rp145 ribu,” paparnya.

Sementara itu untuk komoditi kebutuhan pangan lainnya, berdasarkan hasil rapat bersama belum lama ini stok beras di bulog aman dan harga masih sesuai HET.

“Dalam rapat itu ada komitmen untuk tidak menghambat distribusi kebutuhan bahan pangan atau barang. Tidak akan ditimbun,” tegasnya.

Namun jika ditemukan pedagang dan distributor yang membandel untuk melakukan penimbunan kebutuhan pangan dapat dijerat dengan Undang-undang Pangan khusunya Pasal 133 Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

“Selain itu juga dapat dijerat dengan Pasal 104 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun atau denda Rp50 miliar,” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.