Beranda Berita Batam Jembatan Penghubung Batam dan Bintan Akan Segera Dibangun

Jembatan Penghubung Batam dan Bintan Akan Segera Dibangun

Jembatan Penghubung Batam dan Bintan Akan Segera Dibangun
Foto: Shutterstock/finance.detik.com

Harian Memo Kepri | Batam — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan agar proyek jembatan Batam-Bintan (Babin) segera dibangun. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Saya mau ke sana, sambil melihat jalurnya jembatan itu. Tapi sudah diputuskan presiden untuk dibangun,” terang Basuki ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Saat ini proses menuju pembangunan proyek tersebut dalam tahap studi. Tahap tersebut diharapkan bisa rampung tahun ini agar pembangunan bisa segera dilakukan.

“(Studinya diharapkan selesai) mudah-mudahan tahun ini ya,” sebutnya.

Basuki menerangkan, berdasarkan Detail Engineering Design (DED) atau Proyek Perencanaan Fisik, hitungan kasarnya proyek ini bakal menelan biaya sekitar Rp 3-4 triliun. Dananya akan dialokasikan pada anggaran 2020.

“Tahun depan ya mungkin, itu kan pasti multi years. Kalau hitungan kasarnya yang sekarang, yang lagi dihitung DED-nya itu kan sekitar Rp 3-4 triliunan,” jelasnya.

Diperkirakan pembangunannya membutuhkan waktu selama 3-4 tahun pula. Pihaknya tak menutup kemungkinan bahwa pembangunan proyek ini melibatkan swasta melalui skema KPBU.

“Makanya dilihat FS-nya (studi kelayakan), nanti detail desainnya bisa nggak di KPBU-kan. Kebetulan Dubes Indonesia di Singapura datang ke sini untuk urusan lain. Saya iseng nanya saja karena Singapura sekarang sudah bikin Changi ya kan, terminal 5 yang sudah intermoda sampai ke Bintan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.