Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Babinsa Kodim 0315/Bintan Ingatkan Pelajar Miliki Wawasan Kebangsaan

Mewakili Danramil 03/Binut, Babinsa Teluk Sasah Serda S Sembiring menjadi Pembina Upacara di MTS Teluk Sasah. (Foto. Pendim)

Kepri HMK, Bintan — Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.

Upacara pengibaran Bendera merupakan kegiatan wajib yang selalu dilaksanakan di sekolah sekolah baik dari tingkat SD, SMP hingga SMA pada hari senin atau hari hari besar  kenegaraan.

Dalam upacara bendera sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

Upacara bendera juga mengajak para siswa sekolah untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat upacara bendera di MTS Teluk Sasah. (Foto. Pendim)

Di sanalah terlihat bahwa Indonesia adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada siswa untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat para siswa tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan para pelajar.

Oleh karena itu penanaman jiwa patriotisme merupakan salah satu kewajiban dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Khususnya dari Kodim 0315/Bintan kepada para pelajar di Kabupaten Bintan.

Selaku Pembina Upacara di (Madrasah Tsanawiah) MTS Teluk Sasah pada Senin (11/02/2019) pagi, Danramil 03/Binut Kapten Arh TH Prabowo yang diwakili oleh Babinsa Koramil 03/Binut Kodim 0315/Bintan, Serda S. Sembiring mengungkapkan bahwa para siswa harus selalu mengenang jasa pahlawan serta wajib memiliki wawasan dalam berkebangsaan.

Usai upacara bendera, Babinsa Teluk Sasah Serda S Sembiring menyalami pelajar yang menjadi petugas upacara bendera senin pagi. (Foto. Pendim)

“Kita harus selalu berpegang teguh pada Pancasila, mengenang jasa para Pahlawan dan memiliki wawasan yang bedar dalam berkebangsaan. Tentunya kita adalah bangsa yang kuat dimana para pemuda memiliki peran yang penting dalam menjaga NKRI,” ucap Serda S.Sembiring saat memberikan amanatnya kepada para Siswa MTS Teluk Sasah.

BACA JUGA :  Babinsa Ramil 03/0315 Bintan Bantu Serahkan Beras Rastra ke Warga Kurang Mampu

Bahkan lanjutnya, TNI akan terus memberikan pendidikan wawasan yang luas serta mengajarkan siswa memiliki jiwa patriotisme.

“Kami akan intens melaksanakan Upacara di sekolah-sekolah agar para peserta didik lebih memiliki jiwa patriotisme, dan bisa lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan yang sudah menumpahkan darahnya untuk negeri ini”, ucapnya.

Turut Hadir pada upacara tersebut, Kepala Sekolah MTS Teluk Sasah, Dewan Guru, Kades Teluk sasah, Bati Tuud Koramil 03/Binut Pelda AR. Sembiring dan Bhabinkamtibmas Desa Teluk Sasah.(*)

Sumber : PENDIM0315
Editor : SYF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.