Beranda Berita Kepri Berita Bintan Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Babinsa Kodim 0315/Bintan Ingatkan Pelajar Miliki Wawasan...

Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Babinsa Kodim 0315/Bintan Ingatkan Pelajar Miliki Wawasan Kebangsaan

Kepri HMK, Bintan — Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.

Upacara pengibaran Bendera merupakan kegiatan wajib yang selalu dilaksanakan di sekolah sekolah baik dari tingkat SD, SMP hingga SMA pada hari senin atau hari hari besar  kenegaraan.

Dalam upacara bendera sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

Upacara bendera juga mengajak para siswa sekolah untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

IMG 20190211 WA0006 - Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Babinsa Kodim 0315/Bintan Ingatkan Pelajar Miliki Wawasan Kebangsaan
Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat upacara bendera di MTS Teluk Sasah. (Foto. Pendim)

Di sanalah terlihat bahwa Indonesia adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada siswa untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat para siswa tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan para pelajar.

Oleh karena itu penanaman jiwa patriotisme merupakan salah satu kewajiban dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Khususnya dari Kodim 0315/Bintan kepada para pelajar di Kabupaten Bintan.

Selaku Pembina Upacara di (Madrasah Tsanawiah) MTS Teluk Sasah pada Senin (11/02/2019) pagi, Danramil 03/Binut Kapten Arh TH Prabowo yang diwakili oleh Babinsa Koramil 03/Binut Kodim 0315/Bintan, Serda S. Sembiring mengungkapkan bahwa para siswa harus selalu mengenang jasa pahlawan serta wajib memiliki wawasan dalam berkebangsaan.

IMG 20190211 WA0004 - Jadi Pembina Upacara di Sekolah, Babinsa Kodim 0315/Bintan Ingatkan Pelajar Miliki Wawasan Kebangsaan
Usai upacara bendera, Babinsa Teluk Sasah Serda S Sembiring menyalami pelajar yang menjadi petugas upacara bendera senin pagi. (Foto. Pendim)

“Kita harus selalu berpegang teguh pada Pancasila, mengenang jasa para Pahlawan dan memiliki wawasan yang bedar dalam berkebangsaan. Tentunya kita adalah bangsa yang kuat dimana para pemuda memiliki peran yang penting dalam menjaga NKRI,” ucap Serda S.Sembiring saat memberikan amanatnya kepada para Siswa MTS Teluk Sasah.

BACA JUGA :  Bersihkan Lingkungan, Babinsa Kodim 0315/Bintan Bersama Warga Laksanakan Goro di Desa Penaga

Bahkan lanjutnya, TNI akan terus memberikan pendidikan wawasan yang luas serta mengajarkan siswa memiliki jiwa patriotisme.

“Kami akan intens melaksanakan Upacara di sekolah-sekolah agar para peserta didik lebih memiliki jiwa patriotisme, dan bisa lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan yang sudah menumpahkan darahnya untuk negeri ini”, ucapnya.

Turut Hadir pada upacara tersebut, Kepala Sekolah MTS Teluk Sasah, Dewan Guru, Kades Teluk sasah, Bati Tuud Koramil 03/Binut Pelda AR. Sembiring dan Bhabinkamtibmas Desa Teluk Sasah.(*)

Sumber : PENDIM0315
Editor : SYF
logo - Single Cloud Template - Fast News
Banner Pemprov 696x147 - Single Cloud Template - Fast News
Banner Publikasi DPRD Provinsi Kepri Mei 2016 696x125 - Single Cloud Template - Fast News
IMG 20180309 WA0005 696x144 - Single Cloud Template - Fast News
bannerlingg2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdlingga2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerpemkabanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News
bannerdprdanambas2018 - Single Cloud Template - Fast News

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BERITA TERBARU

Wakili Dandim 0315/Bintan, Danramil 03/Binut Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Kadin Bintan

Kepri HMK, Bintan -- Danramil 03/Binut Kapten Arh TH Prabowo mewakili Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa menghadiri pelantikan dan pengukuhan...

Dampingi Pejabat Desa, Babinsa Ramil 03/0315 Bintan Ikut ke Sekolah Data Peserta STQ di Tembeling Tanjung

Kepri HMK, Bintan -- Babinsa Koramil 03/Binut Kodim 0315/Bintan mendampingi Pejabat Desa Tembeling Tanjung dalam pendataan Peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Desa Tembeling...

Terkait Lahan Prabowo, JK : Saya yang Kasih Supaya Tidak Jatuh ke Tangan Asing

Kepri HMK, Jakarta -- Wapres JK mengungkap data soal kepemilikan lahan Prabowo. Ia mengaku yang memberikan izin soal pembelian lahan itu saat masih menjadi...

Babinsa Ramil 01/0315 Bintan Hadiri Kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektoral Puskesmas Kecamatan Tanjungpinang Kota

Kepri HMK, Tanjungpinang -- Babinsa Koramil 01/0315 Bintan Sertu Auskarni menghadiri kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektor Puskesmas di Aula Kantor Kecamatan Tanjungpinang Kota pada...

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris Sholat Magrib Bersama Warga

Harian Memo Kepri, Anambas -- Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, S.H melakukan sholat Maghrib bersama warga di Masjid Darul Iman , Pesisir Timur, Kecamatan...
Slide1 - Single Cloud Template - Fast News

Nilai Tukar Mata Uang Asing Terupdate

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.050,1967
MYR
3.450,8693
SGD
10.393,3116
JPY
126,8464
CNY
2.089,4664
INR
197,1944
AUD
10.062,8089
EUR
15.939,9622