Jadi Khazanah Budaya Di Bintan, Vihara Bodhi Sasana Diepa Gelar Sembahyang Keselamatan

Camat Bintan Pesisir, Zulkhairi saat memberikan sambutannya pada Kegiatan Sembahyang Keselamatan di Desa Kelong Bintan. (Foto. Hmk)

Kepri HMK, Bintan -- Indonesia memang terkenal dengan corak budaya yang mengagumkan. Tak hanya dari segi suku dan agama yang berbagai macam, termasuk hal budaya yang menjadi khazanah warisan di Indonesia sangat terpelihara dan selalu eksis di zaman yang serba modern ini.

Kongsei, atau Sembahyang Keselamatan Kampung yang dilaksanakan oleh Etnis Tionghoa di Desa Kelong, Kabupaten Bintan misalnya merupakan salah satu kebudayaan yang terus dipelihara. Khususnya di Kabupaten Bintan.

Bertempat di Vihara Bodhi Sasana Diepa Desa Kelong, warga Desa Kelong yang beretnis Tionghoa menggelar acara Sembahyang Keselamatan Kampung. Yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar di setiap Vihara.

Pada kegiatan sembahyang, Camat Bintan Pesisir, Zulkhairi yang mewakili Bupati Bintan H. Apri Sujadi mengapresiasi kegiatan serta aparat keamanan yang salalu bersedia mengayomi warga yang sedang menggelar kegiatan.

"Pemerintah Kabupaten Bintan sangat mengapresiasi pihak keamanan dari TNI/Polri yang selama ini telah menjaga kondusifitas di Kabupaten Bintan. Kami atas nama Pemkab Bintan mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019 dan kepada Warga Tionghoa selamat bersembahyang keselamatan kampung. Dan kegiatan ini merupakan Kegiatan Tahunan yang dijadikan kegiatan Pariwisata," ucap Zulkhairi saat memberikan sambutan resminya, Selasa, (01/01/2019) malam.

Zulkhairi juga menyampaikan salam dari Bupati Bintan yang kebetulan tidak dapat menghadiri kegiatan dikarenakan Jadwal yang padat.

"Memasuki tahun kedua saya menghadiri sembahyang Desa Kelong ada yang berbeda karena malam ini saya mengenakan Baju Ala Tionghoa. Saya menyampaikan Salam hangat dari Bapak Bupati yakni Bapak Apri Sujadi yang tidak bisa hadir dikarenakan sedang berada di Jakarta dengan mempersiapkan Dialog Pariwisata dan beliau menitip salam kepada seluruh Warga Desa Kelong dalam kegiatan malam ini," katanya.

BACA JUGA :  Anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang Hadiri Kampanye Imunisasi MR

Dia melanjutkan, bahwa Kegiatan tersebut diselaraskan dengan perayaan tahun baru. Yang mana menurut kalender Tionghoa merupakan waktu untuk menggelar sembahyang keselamatan.

"Pelaksanaan dimalam hari ini sungguh meriah dan ini merupakan hari yang sesuai dengan Kalender Tionghoa yang mana Tanggal 01 Januari 2019 merupakan Tanggal dimana bertepatan untuk melaksanakan Sembahyang Keselamatan di Desa Kelong oleh Warga Tionghoa, dan ini harus selalu dilestarikan sebagai khazanah budaya di Kabupaten Bintan," ucapnya. (*)

Penulis : Amri
Editor : Amri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.