Inilah 4 Wali Agung Allah yang Terkenal di Seluruh Penjuru Dunia

oleh
Di dunia terdapat banyak sekali wali Allah, namun ada 4 Wali Agung Allah yang Terkenal di Seluruh Penjuru Dunia yang bertugas menahan alam semesta, wali alloh yg ada didunia
4 Wali Agung Allah di Dunia (foto. Ist)

Harian Memo Kepri, Religi – Di dunia terdapat banyak sekali wali Allah, namun ada 4 Wali Agung Allah yang Terkenal di Seluruh Penjuru Dunia.

Dalam pemahamannya istilah wali kutub, wali ghauts, tidak pernah ada dalam Islam. Pasalnya, segala yang ghaib pasti telah dijelaskan Allah dan Rasul-Nya shallallahu alaihi wa sallam.

Tidak ada peluang bagi manusia untuk mengetahui hal ghaib selain melalui penjelasan Allah dan Rasul-Nya shallallahu alaihi wa sallam.

Istilah wali qutub dan wali ghauts dikatakan hanya ada dalam mitos ajaran sufi. Lalu apa itu wali qutub menurut mereka?

Menurut aqidah sufi, wali adalah sosok yang ditunjuk oleh Allah dengan berbagai keistimewaan yang dia miliki.

Terlepas dari apa pun amalnya, sifatnya dan karakternya. Orang bisa saja jadi wali, sekalipun dia tidak memliki karakter layaknya orang soleh.

Mereka juga mengakui bahwa ada wali yang bisa mengatur alam. Bahkan ada yang bisa menciptakan dengan ucapan: Kun, fayakun. Rinciannya, 4 wali bertugas menahan alam semesta.

Mereka ada di empat penjuru arah. Yang mereka sebut dengan wali autad. Berikut ada 4 Wali Allah yang diyakini menjadi Wali Allah yang telah tersohor ke seluruh penjuru dunia :

4 Wali Agung Allah

1. Syaikh Abdul Qodir Al Jaelany

Beliau pernah berkata “Kakiku ada diatas kepala seluruh wali.” Menurut Abdul Rahman Jami dalam kitabnya yang berjudul Nafahat Al-Uns.

Bahwa beberapa wali terkemuka diberbagai abad sungguh-sungguh meletakkan kepala mereka dibawah kaki Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

2. SyaikhAhmad Ar-Rifa’i

Sewaktu beliau pergi Haji, ketika berziarah ke Maqam Nabi Muhammad Saw, maka nampak tangan dari dalam kubur Nabi bersalaman dengan beliau dan beliau pun terus mencium tangan Nabi SAW yang mulia itu.