Inilah 4 Wali Agung Allah yang Terkenal di Seluruh Penjuru Dunia

  • Bagikan
Di dunia terdapat banyak sekali wali Allah, namun ada 4 Wali Agung Allah yang Terkenal di Seluruh Penjuru Dunia yang bertugas menahan alam semesta, wali alloh yg ada didunia
4 Wali Agung Allah di Dunia (foto. Ist)

Harianmemokepri.com | Religi – Di dunia terdapat banyak sekali wali Allah, namun ada 4 Wali Agung Allah yang Terkenal di Seluruh Penjuru Dunia.

Dalam pemahamannya istilah wali kutub, wali ghauts, tidak pernah ada dalam Islam. Pasalnya, segala yang ghaib pasti telah dijelaskan Allah dan Rasul-Nya shallallahu alaihi wa sallam.

Tidak ada peluang bagi manusia untuk mengetahui hal ghaib selain melalui penjelasan Allah dan Rasul-Nya shallallahu alaihi wa sallam.

Istilah wali qutub dan wali ghauts dikatakan hanya ada dalam mitos ajaran sufi. Lalu apa itu wali qutub menurut mereka?

Menurut aqidah sufi, wali adalah sosok yang ditunjuk oleh Allah dengan berbagai keistimewaan yang dia miliki.

Terlepas dari apa pun amalnya, sifatnya dan karakternya. Orang bisa saja jadi wali, sekalipun dia tidak memliki karakter layaknya orang soleh.

Mereka juga mengakui bahwa ada wali yang bisa mengatur alam. Bahkan ada yang bisa menciptakan dengan ucapan: Kun, fayakun. Rinciannya, 4 wali bertugas menahan alam semesta.

Mereka ada di empat penjuru arah. Yang mereka sebut dengan wali autad. Berikut ada 4 Wali Allah yang diyakini menjadi Wali Allah yang telah tersohor ke seluruh penjuru dunia :

4 Wali Agung Allah

1. Syaikh Abdul Qodir Al Jaelany

Beliau pernah berkata “Kakiku ada diatas kepala seluruh wali.” Menurut Abdul Rahman Jami dalam kitabnya yang berjudul Nafahat Al-Uns.

Bahwa beberapa wali terkemuka diberbagai abad sungguh-sungguh meletakkan kepala mereka dibawah kaki Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

2. SyaikhAhmad Ar-Rifa’i

Sewaktu beliau pergi Haji, ketika berziarah ke Maqam Nabi Muhammad Saw, maka nampak tangan dari dalam kubur Nabi bersalaman dengan beliau dan beliau pun terus mencium tangan Nabi SAW yang mulia itu.

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020
  • Bagikan

Respon (5)

    1. Wali songo itu sekumpulan ulama warosatul anbiya yg derajat ilmu dan kedudukan nya sudah berada ditingkat maqom yg tinggi, mereka diberikan tugas amanah menghidupkan islam ditanah jawa.. tapi dibelahan dunia lain di zaman dan waktu nya baik yg sebelumnya atw sesudahnya zaman walisongo.. mereka tersebar keseluruh penjuru dunia membawa kabar berita untuk umat islam melalui ajarannya sesuai ajaran tuntunan Rosululloh SAW.. dan maqom mereka pun tinggi derajatnya karena ilmunya baik dalam fiqih, nahwu, shorof, tasawuf, zuhud dan alim nya diatas umat muslim biasa yg selalu taat kepada Allah SWT.. sebab dalam tingkat keilmuan dalam agama islam sendiri terbagi menjadi tiga bagian.. yaitu syarikat (ilmu dasar islam dalam ibadah wajib dan sunnah), hakikat yaitu ilmu yg lebih mendekatkan seorang muslim agar sir/menyatu melebur dengan keagungan Allah SWT melalui sifat-sifatnya, Ma’rifat yaitu tingkatan ilmu seorang muslim yg sudah mencapai tingkat zuhud dan tasawuf dan paling dekat dalam mengenal Allah SWT melalui keagungan dan sifat-sifatnya serta Kemuliaan Rosululloh SAW yang membawa kabar keselamatan untuk umat manusia, bahkan sampai mereka yg sudah berada dalam tingkat ma’rifat ini dikaruniai ma’unat oleh Allah SWT atas ketaqwaannya.. seperti kejadian atw perilaku diluar nalar manusia biasa.. sedangkan ilmu yg mempelajari dari syarikat, hakikat dan ma’rifat adalah Thorekat/thoriqoh.. dan ada banyak macam” thoriqoh di dunia ini sesuai dengan tuntunan imamnya masing-masing seperti thoriqoh naqsabandiyah berkiblat kepada ajaran yg dibawa dan amalan nya syekh abdul qodir al jailni.., ada thoriqoh sadziliyah berkiblat kepada imamnya syekh abu hasan as-sadzily.. dst nya saudaraku.. semoga menambah wawasan dan pengetahuan antum terkait hal tersebut diatas.. barokallohu fikum.. lebih dan kurangnya ane yg dzoif ini mohon maaf klo ada salah dalam kalimat atwpun kata-kata

  1. waliyullah yang paling agung adalah murid2 langsung rosulullah, dan yang mendapat rekomendasi langsung oleh Rosulullah yaitu

    1 Abu Bakar
    2 Umar bin Khattab
    3 Utsman bin Affan
    4 Ali bin Abi Thalib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.