Ingin Mengusir Setan Dari Dalam Rumah, Cobalah Baca Surat Ini

  • Whatsapp
Al Quran
Kitab Suci Umat Islam, AL-QUR'AN (IST)

Harian Memo Kepri | Religi — Selain pahala berlipat ganda yang dijanjikan bagi tiap huruf Alquran yang dibaca umat Muslim, setiap surat dalam Alquran juga memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satunya anjuran membaca surat Al Baqarah untuk mengusir setan dari dalam rumah.

Rasulullah juga pernah bersabda bahwa rumah yang tidak pernah dibacakan Alquran di dalamnya seperti kuburan, mencekam, dan dingin. Seakan-akan tidak terasa aura hangat di dalamnya. Sebagaimana dalam riwayat berikut.

Muat Lebih

قوله صلى الله عليه وسلم : لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ. رواه الإمام مسلم وغيره.

Janganlah membuat rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan kabur dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al Baqarah. (HR. Muslim)

Menurut Imam Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahudzi, Nabi menganjurkan untuk memohon kepada Allah agar dilindungi dari setan melalui perantara bacaan surat Al Baqarah karena banyaknya asma Allah serta hikmah pensyariatan agama Islam yang terekam dalam surat tersebut dibandingkan dengan surat lainnya.

Bahkan dalam Mirqatul Mafatih disebutkan bahwa surat Al Baqarah itu mengandung seribu perintah, seribu larangan, seribu hukum dan seribu penjelasan.

Demikian pula dikatakan dalam Dalilul Falihin Syarh Riyadhus Shalihin, bukan berarti setan tidak akan kabur atau terusir jika dibacakan surat selain Al Baqarah.

Akan tetapi pengkhususan dalam hadis di atas dengan menyebut surat Al Baqarah karena banyaknya sifat-sifat Allah yang tercakup di dalamnya yang bisa dijadikan tawasul atau perantara yang melindungi penghuni rumah dari setan dan gangguannya.

Selain itu, tidak ada surat selain Al Baqarah yang secara lengkap menjelaskan hukum-hukum sekaligus hikmahnya berdasarkan hujah, petunjuk syariat, kisah Nabi, nasehat, serta mukjizat Nabi-nabi terdahulu dan orang-orang saleh. Wallahu’alam.

sumber | bincangsyariah.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.