Indonesia Tengah Siaga Bencana, Setelah Palu dan Sinjai Kini Bencana Terjadi di NTT

UPDATE Gempa Bumi Hari Ini 6,3 SR Guncang Sumba Timur NTT, Keterangan BMKG Soal Potensi Tsunami

9
Terbaru Gempa Bumi Hari Ini 6,3 SR Guncang Sumba Timur NTT, Keterangan BMKG Soal Potensi Tsunami ( tribunnews-makassar))

HarianMemoKepri.Com, Nusa Tenggara Timur – Setelah sebelumnya gempa bumi dan tsunami mengguncang Palu Sulawesi Tengah dan tadi malam terjadi di Sinjai Sulawesi Selatan, kini bencana terjadi di provinsi NTT.

Gempa bumi terkini hari ini 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang  wilayah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/10/2018).

Informasi yang dikutib dari tribunnews makassar, Gempa yang terjadi pada pukul 06:12:03 WIB atau 07:12:03 Wita ini memiliki pusat lokasi di titik koordinat 10.56 LS,120.20 BT, 66 Km barat daya Sumba Timur, di kedalaman 10 Km.

Gempa ini terasa hingga di Waingapu dan Tambolaka, namun menurut keterangan dari BMKG gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Informasi yang didapat, sebagian Warga panik di Sinjai karena menduga air laut akan naik pasca daerah mereka diguncang gempa 3,1 skala richter pada pukul 19.39 Wita, Senin (1/10/2018).

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki kekuatan M=3,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.17 LS dan 120,45 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km arah Timur Laut Sinjai , Provinsi Sulawesi Selatan pada kedalaman 38 kilometer.

Guncangan gempabumi dirasakan di wilayah pesisir Kecamatan Tellulimpoe Sinjai Timur sebesar I SIG-BMKG (II MMI).

Dinihari sebagian warga sudah kembali ke rumah mereka sebagian pula memilih bertahan di rumah kerabat mereka di Sinjai.

Sementara daerah yang terkena gempa adalah Tiga Kecamatan yang warganya merasakan getaran gempa selama 5 menit yakni Desa Sanjai, Desa Panaikang, Desa Passimarannu, Desa Tongke-tongke, Kelurahan Samataring, Kecamatan Sinjai Timur, Desa Pattongko, Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe dan warga Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Timur. (red)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.