HNSI Anambas Gelar Pelatihan Selam dan Pemasangan Terumbu Karang

  • Bagikan
HNSI Anambas Gelar Pelatihan Selam dan Pemasangan Terumbu Karang
HNSI Anambas Gelar Pelatihan Selam dan Pemasangan Terumbu Karang

Anambas – Melalui program CSR ( Corporate Social Responsibility ) PT Medco E&P Natuna LTD, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) Kabupaten Kepulauan Anambas mengadakan pelatihan selam dan pemasangan terumbu karang di Anambas Resort, Kamis ( 13/01 ).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Ody Karyadi mewakili Bupati Kepulauan Anambas membuka secara langsung kegiatan tersebut.

Ody Karyadi mengatakan Pemerintah Daerah memberikan apresiasi baik kepada pihak perusahaan Medco maupun HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah menggagas pelatihan selam bersertifikat dan pemasangan terumbu karang ini.

Kegiatan ini, lanjut Ody, sejalan dengan rancangan kepariwisataan Anambas yang telah disampaikan ke DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas untuk ditetapkan Peraturan Daerah (Perda).

“Kita bangga sekali kawan-kawan dari HNSI Anambas sudah menginisiasi pelatihan selam dan pemasangan terumbu karang ini, yang merupakan salah satu langkah modal dasar untuk membangun laut kita,” ucap Ody dalam sambutannya.

Sementara itu, Sekretaris DPC HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syaputra mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi masyarakat maupun nelayan pada umumnya untuk menambah pengetahuan dunia diving.

“Melalui pelatihan ini, mereka yang menjadi peserta akan mendapatkan legalitas sertifikat yang artinya sudah memahami tentang teknik penyelaman untuk mengurangi agar tidak ada kecelakaan atau resiko saat menyelam,” ujar Dedi.

Selain itu, Dedi juga menyampaikan pelatihan selam akan berlangsung selama 7 hari dan dilanjutkan dengan pemasangan terumbu karang di Batu Loso wilayah Desa Tarempa Barat Daya, Kecamatan Siantan.

“Pada proses pemasangan terumbu karang nantinya akan melibatkan pihak Lanal Tarempa, Polres Kepulauan Anambas, Loka Kawasan Konservasi Perairan Perairan Nasional Pekanbaru di Anambas dan Dinas Perikanan di Batu Loso untuk menambah ekosistem,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pimpinan Medco E&P Natuna Ltd, Ronny Saragih perwakilan manajemen Jakarta menjelaskan kegiatan ini merupakan pelatihan selam bersertifikat jenjang open water untuk mencetak tenaga-tenaga terampil bidang penyelaman yang nantinya dapat membantu kegiatan konservasi terumbu karang dan kegiatan pariwisata bahari lainnya.

” Bersama HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas, saya berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari semua stakeholder yang ada termasuk dari pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan yang terkait dalam membangun komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir, ” pungkas Ronny.

 

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.