Hadiri Pekan Sagu Nusantara, Kabupaten Lingga Sukseskan Pemecahan Rekor MURI

Hadiri Pekan Sagu Nusantara, Kabupaten Lingga Sukseskan Pemecahan Rekor Muri
Hadiri Pekan Sagu Nusantara, Kabupaten Lingga Sukseskan Pemecahan Rekor Muri

Harianmemokepri.com | Lingga — Sebagai salah satu daerah penghasil sagu di Indonesia, Kabupaten Lingga terpilih untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara Pekan Sagu Nusantara 2020 yang diselenggarakan pada Selasa (20/10/2020) pagi secara virtual. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga sebagai leading sector di bidang pertanian sangat antusias ambil bagian dalam kegiatan pameran produk olahan sagu, yakni dengan menampilkan sejumlah produk unggulan mulai dari brownis sagu, sirup sagu, hingga produk hand sanitizer dari bahan sagu. Juga tak ketinggalan penganan khas Lingga dari bahan pokok sagu, yakni lakse, lendot, kokyam dan sebagainya.

Acara yang terwujud sebagai upaya pemerintah untuk mengampanyekan berbagai kebaikan sagu sebagai bahan pangan sehat ini, mendapatkan apresiasi penuh dari Siswadi selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Lingga. Melalui kegiatan ini, ia optimis paradigma masyarakat terhadap produk olahan sagu kedepannya menjadi lebih baik, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan petani sagu khususnya.

Sementara terkait potensi sagu sebagai pengganti karbohidrat, ia berharap kedepannya sagu Lingga bisa ditingkatkan kualitasnya. “Sagu sudah menjadi makanan secara turun temurun di Lingga. Walaupun beras ada, namun sagu juga kita lestarikan, kita budidayakan, kita tingkatkan kualitasnya, karena ini juga makanan pokok kita juga disini,” tambahnya.

“Untuk mewujudkan itu semua, tentunya harus ada beberapa upaya, salah satunya adalah melalui aneka macam produk olahan sagu bagi untuk UKM,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa perlu adanya upaya lain untuk peningkatan produksi sagu, mulai dari hulu sampai ke hilir.

“Untuk pertanian, lebih banyak mengacu pada produksi pertanian dan perkebunan, bagaimana supaya produksi sagunya meningkat. Setelah hilirisasi perlu ada kerjasama lintas sektor, mulai dari dinas perdagangan, perindustrian, dan lain sebagainya, intinya harus ada kerjasama dari berbagai sektor. Mudah-mudahan kerjasama ini terus ditingkatkan untuk masa yang akan datang,”pungkasnya.

Selain pameran hasil olahan sagu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan upaya pencetakan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) ‘Makan Olahan Sagu di Lokasi Terbanyak, yakni di 14 Provinsi serentak di 17 titik di Indonesia’.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan Pekan Sagu Nusantara tahun 2020 ini juga dilaksanakan Talkshow SAGU bersama Andy F. Noya juga akan digelar Konser SAGU bersama Vidi Aldiano secara virtual.

Selain Kabupaten Lingga, diketahui  ada 13 daerah lain yang ikut ambil bagian, yaitu Kabupaten Mappi (Papua), Kabupaten Jayapura (Papua), Kabupaten Teluk Bintuni (Papua Barat), Kabupaten Sorong Selatan (Papua Barat), Kabupaten Kaimana (Papua Barat), Kabupaten Konawe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Sumbar), dan Kabupaten Luwu Utara.

sumber| dok.| Humpro Pemkab Lingga

Bp Batam 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.