Gubernur Ansar Tinjau Langsung Pelaksanaan Baksos Operasi Katarak Gratis

waktu baca 3 menit
Minggu, 2 Okt 2022 19:21 0 7 Redaksi

Kepri — Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali meninjau langsung pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis di RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT), Sabtu (1/10).

Baksos ini diselengarakan Kogabwilhan I dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI dan HUT ke-3 Kogabwilhan dengan menyasar kelompok masyarakat kurang mampu.

Tiba di Lobby RSUD RAT, Gubernur Ansar dan Pangkogabwilhan I disambut oleh Direktur RSUD RAT Yusmanedi, Ketua Harian Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Indra Wahidin, Pembina Yayasan Marga Huang Batam Johan Nurdin serta para relawan.

Memang dalam pelaksanaan Baksos Kogabwilhan I bekerja sama dengan Pemprov Kepri dalam hal ini RSUD RAT, Perhimpunan INTI, Yayasan Marga Huang Batam, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), serta melibatkan Puskesmas di wilayah Kota Tanjungpinang. Panitia menargetkan mengoperasi 250 mata dalam kegiatan selama 2 hari hingga Minggu (2/10) esok.

Saat ditinjau Gubernur Ansar, sudah terdaftar sebanyak sekitar 80 orang mengantri dan sedang melaksanakan operasi di Instalasi Bedah Sentral lantai 3, dimana beberapa pasien direkomendasikan oleh Puskesmas atau hadir langsung melakukan screening di RSUD RAT.

Gubernur Ansar dihadapan awak media mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan contoh nyata kolaborasi yang perlu terus dibangun bersama. Menurutnya tidak ada sesuatu yang berat kalau dilakukan bersama.

“Kepedulian seperti ini yang perlu kita dorong dan tingkatkan agar yang memiliki kelebihan bisa mengisi kekurangan-kekurangan dalam masyarakat kita yang memang membutuhkannya” ujar Gubernur Ansar.

Pada kesempatan itu Gubernur Ansar menyampaikan apresiasinya kepada Kogabwilhan I yang akan berulang tahun ke 3 tahun ini. Ia menambahkan kegiatan ini tentunya sangat positif dan membantu meringankan beban Pemda dalam menangani berbagai penyakit di masyarakat.

Gubernur Ansar juga menghimbau institusi-institusi lain agar dapat melaksanakan kegiatan serupa yang ia kira objeknya sangat banyak dan beragam.

“Seperti operasi bibir sumbing, melaksanakan kegiatan fogging bersama dalam masa-masa tertentu dalam mengantisipasi DBD dan malaria, kegiatan kebersihan kampung. Saya kira banyak hal yang bisa kita lakukan dan hari ini luar biasa Kogabwilhan I melaksanakan kegiatan operasi katarak gratis” ucap Gubernur.

Sementara itu, Pangkogabwilan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali mengatakan pihaknya berencana menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan selain dalam rangka memperingati HUT TNI dan Kogabwilhan, juga menjalin kedekatan antara TNI dan Masyarakat.

“Kalau bisa kita tidak hanya melaksanakan operasi katarak. Tetapi, juga baksos lainnya yang lebih menyentuh kepada masyarakat,” ungkap Panglima.

Untuk itu, Laksdya Ali meminta kepada seluruh satuan TNI yang ada di wilayah Kogabwilhan I dapat turut serta dalam membantu masyarakat.

“Kita harus paling depan dalam turun langsung membantu kegiatan yang ada dimasyarakat,” tutupnya. (RLS-DK)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

harian tni kepri

revisi iklan dan medsos

post 1080x1080
whatsapp image 2022 11 18 at 11.27.52

Smsi Group