Giat “NGOPI” Aliansi Mahasiswa Kepri Sikapi isu RKUHP

Ngopi ala Aliansi Mahasiswa Kepri ( Foto Indrapriyadi/HarianMemoKepri.com )
Ngopi ala Aliansi Mahasiswa Kepri ( Foto Indrapriyadi/HarianMemoKepri.com )

Tanjungpinang – Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kepri mengadakan Ngopi (Ngobrol Pintar) di Lantai II Morning Bakery Km 8 Atas, Jumat ( 01/07 ) siang.

Kegiatan ini mengangkat tema ” Bijak Dalam Bertindak, Menyikapi Isu RKUHP dan ajakan Aksi di tengah Gempuran kepentingan politik menuju Pemilu 2024″. Diketahui RKUHP ( Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana ) saat ini menjadi isu polemik di kalangan mahasiswa.

Heliyanto Koordinator Aliansi Mahasiswa Kepri mengatakan, pelaksanaan ini terhimpun dalam satu wadah bersifat Ad hoc yang sewaktu waktu bisa dibubarkan apabila kepentingan tujuannya sudah selesai.

BACA JUGA :  Bupati Kepulauan Anambas Buka Orientasi CPNS

“Kita tahu bersama pada tahun 2019 lalu sempat terjadi gerakan massa yang cukup mengagetkan terkait pasal-pasal dalam RKUHP. Pasal – pasal ada beberapa bagian intinya menciderai demokrasi serta medeskritkan HAM, ” ujarnya.

Sebenarnya lanjut Heliyanto, RKUHP ini kalau dilihat sejarahnya ini bukan hal yang perlu dilakukan unsur gila-gilaan. Karena dari beberapa waktu kepemimpinan presiden sudah terjadi perubahan contohnya zaman Soeharto, SBY dan zaman Jokowi tahun 2019 juga ada perubahan.

“Kemudian ditunda karena adanya gerakan aksi tadi lalu akan di sahkan pada bulan depan tahun 2022. Tapi saat bulan depan akan di sahkan sudah muncul kembali gejolak penolakan. Apalagi saat ini terkait dengan pemilu 2024 maka rentan terjadi susupan atau muatan yang sifatnya politis pergerakan yang nanti muncul penolakan RKUHP. Makanya dengan ngobrol pintar ini mengajak para mahasiswa agar lebih bijak dalam menyikapinya,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Mau Eksis, Warga Indonesia Kibarkan Bendera ISIS di Malaysia, Baru Berkibar Langsung Ditangkap PDRM

Ia berharap kepada para mahasiswa, pemuda, penggiat yang aktif memperhatikan kebijakan publik setiap langkah yang diambil harus diketahui secara baik kemudian jangan mudah terprovokasi hal – hal belum diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.