Gandeng OKP, Bawaslu Tanjungpinang Sukseskan Pemilu 2024

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Tanjungpinang saat berkunjung ke Markas GP Ansor Tanjungpinang
Ketua Bawaslu Tanjungpinang saat berkunjung ke Markas GP Ansor Tanjungpinang

Tanjungpinang – Guna membangun simpul pengawasan partisipatif dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukan kunjungan silaturahim dan koordinasi kerjasama ke berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, M.Kom.I menjelaskan bahwa kunjungan Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang tersebut sebagai media menyatukan hati, pemikiran dan potensi kepemudaan dalam membangun kebersamaan dan persatuan dalam mengawal pesta demokrasi kedepan.

“Alhamdulillah sowan silaturahim kami disambut hangat dalam suasana kekeluargaan, sharing diskusi terjalin penuh dinamis, terbangun kesepahaman untuk bergandengan tangan bangun pengawasan partisipatif”, ungkap Zaini, usai memberikan arahan kepada kader KPP (Komunitas Pengawas Partisipatif) di kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Rabu (24/11).

Zaini melanjutkan, diantara OKP Tanjungpinang yang telah dikunjungi sejak 15 November lalu, yaitu KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), Gerakan Pemuda Ansor NU (Nahdhatul Ulama), Pemuda Muhammadiyah, Karang Taruna, Pemuda Pancasila, PERPAT (Persaudaraan Pemuda Tempatan), GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia).

Dalam kunjungan tersebut, Maryamah, M.Pd.I Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang menuturkan konsep pengawasan partisipatif, bahwa keberhasilan pesta demokrasi ada peran semua pihak, selain Bawaslu dan KPU. Oleh karena itu, selain meningkatnya partisipasi pemilihan, maka juga perlu meningkatnya partisipasi pemilih dalam pengawasan.

Sebagai upaya pengembangan pengawasan partisipatif, diantaranya dapat membentuk forum diskusi, sosialisasi edukasi, forum warga, webinar secara berkala, pemanfaatan Pojok Pengawasan Bawaslu atau pengembangan seperti program SKPP (Sekolah Kader Pengawas Partisipatif), yang telah melahirkan KPP (Komunitas Pengawas Partisipatif), lalu bermuara sebagai pendidikan politik guna menciptakan pemilih yang cerdas.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Bawaslu telah sowan ke markas GP Ansor NU disambut langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang, Zainurrahman. Dalam pertemuan tersebut, GP Ansor siap bersinergi bersama Bawaslu dalam membangun pengawasan partisipatif, dengan memberikan sosialisasi edukasi kepada kader GP Ansor dan masyarakat, serta gerak bersama mengawal pesta demokrasi.

“Matur nuwun ya atas kunjungan Bawaslu, kita jalin silaturahim dan kerjasama”, ungkap Kyai Zainur.

Zulfikar, Sekretaris Umum PERPAT Tanjungpinang mengatakan, kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi kunjungan Bawaslu dalam nuansa santai dan kekeluargaan, serta melibatkan kami untuk beberapa agenda ke depan, dalam bentuk pengawasan dan penyuluhan serta edukasi bagi masyarakat.

Demikian juga Halim Ketua Karang Taruna dan Heri Ketua Pemuda Pancasila yang merespon positif Bawaslu, telah berupaya silaturahim dan gandeng berbagai elemen organisasi dalam mengembangkan pendidikan politik dan memperkuat demokrasi.

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1) whatsapp image 2021 11 10 at 16.54.48 whatsapp image 2021 11 17 at 09.27.16 (1) whatsapp image 2021 11 17 at 09.27.16 whatsapp image 2021 11 17 at 09.27.17 (1) whatsapp image 2021 11 17 at 09.27.17 whatsapp image 2021 12 01 at 07.22.44 whatsapp image 2021 12 01 at 07.22.44 (1) whatsapp image 2021 12 01 at 07.22.45 banner kom 2
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.