oleh

Forum Anak Tanjungpinang Dapat Dua Penghargaan Dafa Award 2020 Nasional

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang – Sejumlah anggota forum anak Kota Tanjungpinang menghadiri pemberian penghargaan terbaik secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan dan Anak Republik Indonesia di Ruang Rapat Lantai III Sultan Badrul Alamsyah Kantor Walikota, Selasa (25/08/20).

Pemberian penghargaan ini diikuti oleh seluruh peserta forum anak seluruh Indonesia dengan menggunakan aplikasi zoom secara virtual, dan juga hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Seluruh Daerah Kab/ Kota se Indonesia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kepulauan Riau Misni, SKM, M.Si mengatakan bahwa forum anak merupakan wadah partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Ada beberapa kategori yang dinilai, pertama adalah partisipasi anak dalam proses perencanaan pembangunan, yang bertujuan suara hati anak didengarkan dalam proses pembangunan sehingga pembangunan yang dilakukan baik Kabupaten/ Kota selalu responsip kepada anak.

Ketika sudah meresponsif terhadap anak,  maka hak-hak anak dari cluster 1 sampai 4 dan perlindungan anak khusus di cluster 5 akan terwujud.

“Maka Kabupaten / Kota layak anak akan bisa kita wujudkan ke tingkat paripurna,” ungkapnya.

Misni menilai Kota Tanjungpinang sudah sewajarnya mendapatkan penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia.

Hal ini dikarenakan Kota Tanjungpinang sudah masuk tingkat madya sehingga cukup wajar memperoleh penghargaan dari kategori tersebut.

“Saya berharap tentu untuk kedepannya bisa lebih banyak lagi penghargaan yang dicapai, tapi bukan penghargaan yang kita cari, melainkan ini menunjukkan bahwa komitmen Kota Tanjungpinang, pemerintah, OPD dan anak-anak sudah menjadi lebih baik dalam pemenuhan hak anak dan diharapkan untuk Kabupaten / Kota lainnya bisa mengikuti apa yang sudah diperoleh Kota Tanjungpinang dalam ajang Dafa Award 2020,” Ungkapnya.

Sementara itu, Raja Khairani Selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang mengapresiasi atas penghargaan yang diraih oleh Forum Anak Kota Tanjungpinang.

BACA JUGA :  Aksi Tutup Mulut Pakai Lakban Wartawan Anambas Berjalan Sukses

“Saya Mewakil Forum Anak Kota Tanjungpinang¬† sangat bangga atas penghargaan yang di raih pada tahun ini dalam suasana pandemic Covid 19, anak anak kita berprestasi, penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak-anak supaya lebih giat lagi, lebih bersemangat, dan lebih terinspirasi sehingga forum anak kita menjadi lebih baik,” ujar Raja Khairani.

“Ada dua penghargaan tingkat nasional yang kita dapatkan, pertama partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan, kedua yaitu Forum Anak terbaik untuk tingkat Kota Se Indonesia, sedangkan untuk hadiah seperti sertifikat dan plakat /piagam akan dikirim dari jakarta,” tutup Kadis DP3APM.

Ketua Forum Anak Kota Tanjungpinang Marsantya Haleza Mawa mengatakan bahwa sebenarnya dari kinerja tahun dan disambung kinerja pada tahun ini, pihaknya merasa bangga dan bersyukur sekali atas penghargaan yang diraih atas nama Forum Anak Tanjungpinang dalam ajang Dafa Award 2020 dengan predikat Forum Anak Tingkat Kota Terbaik se Indonesia.

“Semoga Forum Anak ini semakin sukses dan semakin banyak yang mendukung serta memberikan inspirasi bagi Forum Anak yang lainnya, saya berpesan kepada kawan-kawan seusia saya agar terus berkarya dan menunjukkan bakat yang dimiliki dari bakat yang dimiliki bisa disalurkan melalui Forum Anak serta harus berani tampil, percaya dan selalu berusaha,” ucapnya..

Bp Batam 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.