Disdukcapil Kota Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Kebijakan Admindukcapil 2018 dan Launching GISA

HarianMemoKepri.com, Tanjungpinang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang menggelar Sosialiasasi terkait Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Admindukcapil) 2018 sekaligus Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Kota Tanjungpinang di Aula Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Tanjungpinang, Jalan Pemuda, Kota Tanjungpinang, Selasa, (08/5/2018).

Acara yang dimulai sekitar Pukul 09.00 Wib ini dibuka dengan doa yang dibacakan oleh Yusrizal S.Kom, M. Kom dan dihadiri langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri yang akan tiba dari Jakarta pada siang hari sekaligus menjadi Narasumber pada Sosialisasi Kebijakan Admindukcapil 2018 dan GISA Kota Tanjungpinang.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto memberikan sambutan serta menyampaikan laporan kegiatan dihadapan para tamu dan peserta yang hadir.

Menurut Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto bahwa  kegiatan ini perlu dilakukan karena merupakan Program langsung dari Dirjen Dukcapil Kemendagri yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

” Untuk kegiatan ini kami menggunakan anggaran yang di kucurkan dari DAK untuk kita Melaunching GISA. Ini merupakan Program dari Kemendagri yang mana kita sejalankan dengan Sosialisasi Kebijakan Admindukcapil 2018,” ucap Irianto pada sambutannya.

Laporan Ketua Penyelenggara yang disampaikan langsung oleh Kadisdukcapi Kota Tanjungpinang, Irianto (foto. Syf)

Lanjutnya, Irianto berharap kepada seluruh peserta Sosialisasi dapat menerapkan seluruh materi yang akan diberikan langsung oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

” Kita berharap Bapak Ibu yang hadir pada hari ini dapat memberikan pencerahan setelah mendapatkan materi yang akan diberikan langsung oleh narasumber. Juga, Launching GISA ini digelar di seluruh Kabupaten dan Kota Se-Indonesia. Alhamdulillah hari ini, Dukcapil Kota Tanjungpinang tiba gilirannya. Dan sekali lagi saya berharap kita semua dapat menggunakan data Kependudukan yang berasal dari Dukcapil Tanjungpinang sebagai rujukan utama bagi seluruh Administrasi Kependudukan yang ada di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Penjabat (PJ) Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM yang diwakili oleh Assisten Administrasi Umum (Admum) Pemerintah Kota Tanjungpinang, Suyatno, AMP mengatakan bahwa acara Sosialisasi Kebijakan Admindukcapil 2018 dan Launching GISA sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya Administrasi Kependudukan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi secara resmi.

” Alhamdulillah saya di hadir disini mewakili Bapak PJ Walikota, yang mana beliau saat ini sedang berada di Lingga untuk hadir dalam persiapan MTQ tingkat Provinsi Kepri dan mengamanahkan saya untuk menyampaikan amanat dari Pak PJ Walikota bahwa acara ini merupakan acara yang penting terkait pentingnya Administrasi Kependudukan. Dan Disdukcapil memiliki tugas dalam memberikan pemahaman dalam kepada masyarakat yang mana masyarakat berhak memiliki ketunggalan NIK dan Data Kependudukan yang valid dalam berbentuk Identitas diri,” ujar Assiten Admum Pemko Tanjungpinang, Suyatno, AMP saat memberikan sambutannya.

Sambutan Penjabat (Pj) Walikota Tanjungpinang Drs. Raja Ariza, MM yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Pemko Tanjungpinang dan membuka secara resmi Acara Launching GISA 2018 oleh Suyatno, AMP (foto. Syf)

Dia mengatakan bahwa, Disdukcapil Kota Tanjungpinang telah bekerja sangat baik sehingga melalui Sosialisasi dan Launching GISA tersebut, PJ Walikota Tanjungpinang menyampaikan langsung Apresiasinya terhadap seluruh kegiatan Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

” Disdukcapil Tanjungpinang telah menjalankan instruksi langsung dari Presiden melalui Kemendagri di Dirjen Dukcapil atas GISA ini, dan PJ Walikota menyampaikan langsung apresiasinya kepada Disdukcapil Tanjungpinang yang telah bekerja dengan sangat baik,” ucapnya.

Lanjutnya, PJ Walikota juga berharap bahwa  Launching GISA 2018 dapat membantu data Kependudukan yang valid bagi Pilkada Serentak dan Pemilu 2019 mendatang.

“Diharapkan berjalannya GISA ini dapat membantu data kependudukan pada Pilkada serentak dan pemilu 2019. Dan setelah mengikuti Sosialisasi ini, saya berharap Bapak dan Ibu lebih proaktif di masyarakat dalam menjelaskan hak masyarakat untuk mendapatkan Administrasi Kependudukan. Saya ucapkan terima kasih dan kiranya kegiatan ini dapat tercapai dengan baik. Akhirnya dengan ucapan Bismiliahirrahmanirrahim, Sosialisasi Admindukcapil 2018 secara resmi dibuka,” ucapnya saat membuka acara secara resmi.

Usai pembukaan oleh PJ Walikota Tanjungpinang, Disdukcapil Kota Tanjungpinang selanjutnya menyerahkan secara simbolis Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Kartu Tanda Penduduk  Elektronik (KTP) kepada anak-anak usia dini dan Pelajar yang telah wajib memiliki identitas diri, Berfoto bersama seluruh Anak-anak Penerima Identitas Diri dan Perwakilan Seluruh Kecamatan Se-Kota Tanjungpinang serta diakhiri dengan Melepaskan Balon ke udara sebagai simbol peresmian Launchingnya GISA di Kota Tanjungpinang.

Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto menyerahkan KTP secara simbolis kepada Pelajar Tanjungpinang (Foto. Syf)

Terpantau dilokasi, turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak , Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepri, Kapolres Tanjungpinang, Kepala BPJS Kesehatan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Ketua KPU Tanjungpinang, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tanjungpinang serta Sebanyak 70 peserta yang hadir dari berbagai Instansi di Kota Tanjungpinang. (Red/Syf)


Foto bersama seluruh Perwakilan dari Kecamatan Se Kota Tanjungpinang usai Penandatanganan Kesepakatan Sadar Adminduk GISA 2018 (Foto. Syf)


Para Tamu Undangan menyanyikan Lagu Indonesia Raya pada Sosialiasasi terkait Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2018 sekaligus Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) (Foto. Syf)


Kadisdukcapil Tanjungpinang, Irianto menandatangani Nota Kesepakatan Sadar Adminduk (Foto. Syf)


Penandatanganan Kesepakatan Sadar Adminduk GISA 2018 oleh Perwakilan Kecamatan yang disaksikan oleh Asst. Admum Pemko Tanjungpinang dan Kadisdukcapil Tanjungpinang (Foto. Syf)


Penyerahan Akte Kelahiran secara Simbolis oleh PJ Walikota yang diwakili Asst. Admum Pemko Tanjungpinang, Suyatno, AMP (Foto. Syf)


Pelepasan Balon ke Udara oleh PJ Walikota Tanjungpinang yang diwakili Oleh Asst. Admum Pemko Tanjungpinang didampingi Kadisduk Capil Kota Tanjungpinang, Irianto (Foto. Syf)


Kadisduk Tanjungpinang Irianto saat diwawancara awak media usai Peresmian Launching GISA 2018,Selasa, (08/5). (Foto. Syf)


Liputan          : M. Syaiful Amri
Dokumentasi : M. Syaiful Amri

Bp Batam 2020

Related Articles

Bawaslu Kepri Launching dan Peresmian Sekretariat Sentra Gakkumdu

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau melaunching sekaligus meresmikan Sekretariat Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jln. Wr. Supratman Km...

Pjs Gubernur Kepri Tinjau Protokol Kesehatan bersama Walikota Tanjungpinang

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Pejabat Sementara Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Dr Drs Bahctiar Baharuddin Msi bersama Walikota Tanjungpinang serta Satgas Covid 19 meninjau penerapan...

KPU Provinsi Kepri Menetapkan Daftar Pemilih Tetap

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau telah menetapkan jumlah DPT (Daftar Pemilih tetap) saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bp Iiii

BERITA TERBARU

Bawaslu Kepri Launching dan Peresmian Sekretariat Sentra Gakkumdu

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau melaunching sekaligus meresmikan Sekretariat Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jln. Wr. Supratman Km...

Pjs Gubernur Kepri Tinjau Protokol Kesehatan bersama Walikota Tanjungpinang

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Pejabat Sementara Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Dr Drs Bahctiar Baharuddin Msi bersama Walikota Tanjungpinang serta Satgas Covid 19 meninjau penerapan...

KPU Provinsi Kepri Menetapkan Daftar Pemilih Tetap

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau telah menetapkan jumlah DPT (Daftar Pemilih tetap) saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih...

Golkar Anambas Siap Menangkan Hariswan

Harianmemokepri.com | Anambas — Rapat Koordinasi Partai Golkar Kabupaten Kepulauan Anambas yang diikuti pengurus Dewan Pimpinan Daerah dilaksanakan di Resto Anambas Inn, Sabtu (17/10/2020). Rapat...

Bangun Pentas Seni, Kades Ismaya: Saya Melihat Generasi Muda Banyak Bakat

Harianmemokepri.com | Anambas — Kepala Desa Teluk Siantan, Ismaya lokadi membangun Balai Pentas Seni Dusun Air Nangak dengan memanfaatkan Dana Desa Tahap II. "Pelaksanaan terkini...