Diklat Terpadu Dasar Ansor Banser Angkatan I Tanjungpinang Sukses Digelar

Foto bersama para peserta DTD, Instruktur Pelatih dan Pengurus PW serta PC Ansor Kepri ( dok, panitia DTD )

HarianMemoKepri.Com, Tanjungpinang – Diklat Terpadu Dasar (DTD) Ansor Banser Angkatan I sukses digelar oleh Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Tanjungpinang. Acara ini digelar selama 3 hari dan ikuti secara antusias oleh puluhan peserta.

Bertempat di Pondok Pesantren Al-Kautsar, Diklat ini berlangsung sejak Jum’at, 16 Maret hingga berakhir Minggu 18 Maret 2018.

Peserta digembleng dengan berbagai macam materi dan pelatihan, dari mulai materi seperti ke Aswajaan, ke NU – an, ke Banser – an, baris berbaris, wawasan kebangsaan dan bela negara serta banyak materi lainnya, yang mengarahkan kepada cinta tanah air dan ulama serta mempertahankan faham Ahlussunah Wal Jamaah.

Foto bersama setalah pembukaan DTD, Jum’at (16/03/18) nampak Pejabat Walikota Tanjungpinang Drs.H.Raja Ariza ( tengah ) memakai jaket kehormatan Banser, Ketua PW GP Ansor Kepri Nur Haryanto, Ketua PC Ansor Tanjungpinang, Agustian. ( dok, panitia DTD )

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kepulauan Riau Nur Haryanto S.Pd.i ketika mengisi materi ke Ansor – an memberikan penjabaran secara detail mengenai asal muasal berdirinya GP Ansor. Haryanto juga memberikan semangat untuk terus berjuang dan menjadi garda terdepan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Ansor dan Banser memiliki ciri khas yaitu setia kepada NKRI dan tangguh menjaga dan membela ulama, diklat ini bertujuan untuk mencetak pejuang militan Ansor Banser yang akan mempertahankan ciri khas tersebut,” Katanya.

Bukan hanya itu saja, lanjut Haryanto, para peserta juga di bekali berbagai pelatihan yang lain untuk menjalankan tugasnya menjadi militan pejuang Ansor Banser.

” Peserta juga dibekali skill yang kelak berguna dalam menjalankan tugas sebagai anggota banser. seperti pelatihan pengendalian masa, tehnik intelijen, pendidikan baris berbaris hingga ketahanan fisik,” Lanjutnya.

Peserta saat mengikuti materi ke NU -an dan ke Banser -an yang disampaikan oleh Kyai Fadholi Farhan ( dok, Panitia DTD )

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang GP Ansor Kota Tanjungpinang Agustian S.HI sangat berterimakasih kepada para pihak yang telah membantu baik berupa bantuan moril maupun materiil.

“Alhamdulillah acara ini dapat terlaksana karena dukungan dan usaha semua pihak, saya ucapkan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras meluangkan waktu agar terlaksananya kegiatan ini,” Ucapnya kepada harianmemokepri.com, Senin (19/3/18).

Selain kepada panitia Agustian juga memberikan banyak penghargaan dan ucapan terimakasih kepada pengasuh Pondok Pesantren Al-Kausar yang merupakan tempat dimana kegiatan DTD berlangsung.

” Terimakasih juga kami sampaikan kepada K.H. Supeno selaku pengasuh ponpes Al-Kautsar dimana kegiatan ini bertempat, Pengurus PC NU Tanjungpinang, PW Ansor Kepri ,dan Tim Satkorwil Banser Kepri, donatur serta undangan,” Ujar Agustian.

Prosesi sebelum baiat, peserta diwajibkan untuk mencium 4 bendera kehormatan, diawali dari bendera merah putih, bendera NU, bendera Ansor dan selanjutnya Banser ( dok, panitia DTD )

” Tak lupa kami sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan acara ini. Kepada para peserta yg telah dibaiat menjadi anggota Ansor dan Banser kami sampaikan selamat, karena tujuan kegiatan ini untuk menangkal faham radikalisme yg marak menyerang ulama dan bangsa,” Tambahnya.

Prosesi Baiat, dimana peserta telah dinyatakan lulus dalam Diklat Terpadu Dasar angkatan I Kota Tanjungpinang ( dok, panitia DTD )

Untuk diketahui, Barisan Ansor Serba Guna (BANSER) adalah satuan khusus di jajaran Gerakan Pemuda Ansor. para anggotanya siap diterjunkan dalam segala situasi, baik pengamanan maupun dalam keadaan-keadaan darurat.

Saat ini anggota BANSER diseluruh Indonesia sudah mencapai jutaan orang, dan akan terus bertambah seiring diklat-diklat yang terus dilaksanakan. ( red/ak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here