Proses Pelaporan Direktur Utama PT Sumber Sejahtera Logistik Prima (SSLP) Bambang Prayitno, yang diduga telah melakukan penggelapan terhadap 400 sertifikat milik warga Desa Linau di Mapolres Lingga, Senin (31/12/18) - (Herdoni)

Sejumlah warga Desa Linau, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, mendatangi Mapolres Lingga untuk melaporkan Direktur Utama PT Sumber Sejahtera Logistik Prima (SSLP) Bambang Prayitno, Senin (31/12/18).

Yufik Safita, mantan Ketua Unit Desa Usaha Bersama (Kopuma) yang merupakan salah satu bagian dari rombongan warga mengatakan bahwa kedatangan dirinya dan beberapa lainnya adalah perwakilan korban PT SSLP yang diduga telah melakukan penggelapan terhadap 400 sertifikat tanah milik warga desanya.

"Saya selaku mantan Ketua Kopuma, yang dulu mengadakan kemitraan dengan PT SSLP, sekaligus sebagai salah satu warga pemilik lahan, hari ini mewakili masyarakat yang menjadi korban melaporkan pihak PT Sumber Sejahtera Logistik Prima," kata Yufik.

Sampai terjadinya pelaporan, lanjut Yufik, dikarenakan warga menganggap tidak pernah ada solusi terkait masalah ini, dan selalunya hanya selesai dengan mediasi yang tidak berpihak kepada pemilik lahan, juga belum pernah dibuat langkah secara hukum semenjak perusahaan yang sebelumnya beroperasi di Desa Linau tersebut ditutup.

"Alasan pelaporan, karena pihak PT SSLP sampai dengan tanggal dilaporkan, tidak pernah berniat mengembalikan hak kami (400 sertifikat-red), maka saya selaku pemilik lahan, sekaligus yang peduli dengan nasib warga, membuat laporan terkait hal ini" tuturnya kepada harianmemokepri.com.

Hal senada juga dikatakan oleh rekannya Herman yang biasa dipanggil Awang (46) juga merupakan salah satu korban PT SSLP.

"Kami sudah lama kecewa, dan tak mau lagi hanya berakhir dengan mediasi, sehingga permasalahan tak kunjung selesai" ucapnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Yudi menuturkan, bahwa pihaknya telah menerima laporan warga Desa Linau dan akan segera menindaklanjutinya.

"Kami sudah menerima laporan, untuk selanjutnya akan kami tangani dan akan kami lakukan proses penyelidikan" ujarnya.

BACA JUGA :  Satgas SBJ TNI AL Ke 66 Berhasil Obati 2.730 Pasien di Provinsi NAD

Pantauan media ini, warga Desa Linau terlihat datang ke Mapolres Lingga didampingi oleh Ketua LSM Aliansi Gabungan Masyarakat Sudut Timur (AGMST) Distrawandi.

Kedatangan mereka diterima oleh Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Ipda Agus Marianto dan telah diterbitkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) bernomor : STPL/ 22/ XII/ 2018/ SPKT-RESLINGGA, tertanggal 31 Desember 2018.

Sedangkan untuk pelaporan, warga Desa Linau diwakili oleh mantan Ketua Koperasi Unit Desa Usaha Bersama (Kopuma), Yufik Safita.

Penulis : Herdoni
Editor  : Tomo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.