Deklarasi Ganjar 2024 Merupakan Permainan Politik, Bukan Sepenuhnya Apresiasi Kinerja

  • Bagikan
zulkifli
Zulkipli, Mahasiswa Stisipol Raja Ali Haji Fisabilillah

OPINI Oleh : Zulkipli
Mahasiswa Stisipol Raja Ali Haji Fisabilillah.

Deklarasi Ganjar 2024 merupakan acara pernyataan dukungan terhadap Bapak Ganjar Pranowo yang berasal dan diselenggarakan oleh kelompok pendukung Bapak Ganjar Pranowo yakni Sahabat Ganjar yang merupakan kumpulan relawan mengatakan bahwa dukungan yang mereka lancarkan merupakan hasil dari kinerja Ganjar Pranowo itu sendiri.

Deklarasi ini merupakan puncak awal dari keinginan mereka untuk mendorong Ganjar Pranowo untuk maju dalam panggung politik nasional Indonesia. Namun menurut saya secara pribadi deklarasi tersebut tidak sepenuhnya sebuah bentuk apresiasi kinerja belaka, melainkan bagian dari permainan politik mungkin saja diinisiasi oleh tim Ganjar Pranowo dalam mata publik dan dalam roda organisasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Partai politik yang menaungi Ganjar Pranowo serta mengusungnya menjadi Gubernur Jawa Tengah dalam dua periode.

Untuk dapat menelaah lebih lanjut dan menentukan apakah bentuk deklarasi ini merupakan bagian permainan politik, saya akan mencoba untuk menelusuri apresiasi yang diproklamirkan oleh para relawan sahabat Ganjar sebagai salah satu alasan utama dari dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo, hingga mereka melakukan deklarasi publik seperti ini. Terdapat dua kinerja yang saya pikir dimaksud oleh kelompok sahabat Ganjar, dari skala problematika dapat menjadi inisiator dukungan terhadap Ganjar Pranowo pertama kinerja Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah dalam menangani pandemic Covid-19 di Jawa Tengah, kedua kinerja Ganjar Pranowo dalam membangun serta membina masyarakat pedesaan di Jawa Tengah menjadi lebih maju baik dari sisi pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Kinerja Ganjar Pranowo dalam menangani pandemic Covid-19 di Jawa Tengah dapat dilihat berbagai sisi, namun jika membuat sebuah komparasi apa yang telah dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah ini dengan apa yang telah di lakukan oleh Gubernur Provinsi lainnya yang memiliki demografi dan kondisi pandemic setara/mirip di Jawa Tengah ( seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali ) maka menurut data dari Kementrian Kesehatan Penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemda Jawa Tengah berada pada peringkat ke 3 dibelakang DKI Jakarta dan Jawa Barat. Meskipun tidak terlalu buruk namun kinerja Penanggulangan Covid 19 secara komparasi bukanlah kinerja yang menonjol atau pantas mendapatkan perilaku ataupun dukungan khusus.

Keberhasilan Ganjar Pranowo dalam membangun serta membina masyarakat pedesaan di Jawa Tengah menurut saya merupakan kinerja mungkin dapat menjadi pembeda, jika kredit yang diberikan oleh media Jawa Tengah dan kelompok relawan sahabat Ganjar memiliki akuntabilitas yang benar. Menurut dari media – media dalam memberitakan kinerja Ganjar Pranowo dalam kapasitasnya menjadi Gubernur Jawa Tengah secara personal mendatangi desa – desa terpencil dan belum mengalami pembangunan yang merata, pembinaan yang benar ini jika benar terjadi dan dalam skala yang sebesar pada saat dikabarkan maka akan dapat menjadi faktor pembeda yang dapat secara alami menonjolkan sosok Ganjar Pranowo dalam bursa politik nasional, namun sekali lagi penekanan terhadap akuntabilitas dari media yang mengabarkannya dan pernyataan dari relawan sahabat Ganjar mengenai permasalahan terkait.

Kedua kinerja skala besar yang telah dijabarkan di atas mungkin dapat menggambarkan kecurigaan saya perihal deklarasi Ganjar pada 2024 ini, sikap skeptis terhadap ” Apresiasi ” ini datang dari dukungan berasal dari pihak ketiga yang tidak memiliki akar dan asal yang jelas bukan tidak dapat dijadikan sebuah sumber informasi yang aktual dan tidak berpihak.

eberpihakan ini secara lebih lanjut mungkin bukan sesuatu yang secara natural terjadi bisa saja ada pihak – pihak tertentu yang menginginkan adanya dorongan pada masa awal kampanye pemilihan calon presiden untuk mencuri start dalam kampanye politik bagi tokoh tertentu.

Kinerja Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah diketahui oleh khalayak luas. Panggung politik merupakan permainan catur yang seringkali membutuhkan pion dan anak catur untuk memenangkan permainan tersebut.

Dalam kasus ini pion dan anak catur yang dibutuhkan Ganjar Pranowo dalam menaiki tangga politik nasional adalah dukungan yang akan dapat digunakan olehnya dan tim sebagai modal untuk bernegosiasi serta mengemukakan kemauan Ganjar Pranowo.

 

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.