oleh

Danlantamal IV Tanjungpinang Resmikan Babinpotmar dan Kampung Bahari Nusantara

Harianmemokepri.com | Tanjungpinang — Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma Indarto Budiarto SE meresmikan Babinpotmar dan Kampung Tangguh Nusantara di Wilayah Kampung Bugis Kecamatan Tanjungpinang Kota, Selasa (08/09).

Peresmian ini dilakukan Di sela-sela Kegiatan Senam Sehat dan Bhakti Sosial serta Perlombaan Dayung Sampan oleh Lantamal IV Tanjungpinang dalam rangka HUT TNI AL ke 75 Tahun 2020.

Danlantamal mengatakan bahwa sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 salah satu tugas pokok TNI dilaksanakan dengan pola operasi militer selain perang (OMSP).

Implementasi dari OMSP diantaranya pemberdayaan wilayah pertahanan, tugas ini pada hakekatnya adalah membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara yang disiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan bersama pendukungnya berupa sumber daya nasional.

Penyematan Bet Babinpotmar oleh Danlantamal IV Tanjungpinang ( Foto :Indrapriyadi /Harianmemokepri.com )
Penyematan Bet Babinpotmar oleh Danlantamal IV Tanjungpinang ( Foto :Indrapriyadi /Harianmemokepri.com )

Latar belakang terpilihnya Kampung Bugis sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Danlatamal, dikarenakan Kampung Bugis masuk dalam kriteria Kampung Bahari Nusantara, yang ditandai dengan adanya tempat edukasi yakni Rumah Pintar, tempat wisata,  kesehatan dan pangan.

Pencanangan Kampung Bahari Nusantara sebelumnya sudah diresmikan oleh KASAL Laksamana TNI Yugo Margono SE MM pada tanggal 5 Agustus 2020 secara terpusat di Desa Tanjung Pasir teluk Naga Tangerang Banten.

Dalam sambutan Kasal menjelaskan bahwa pencanangan Desa Bahari Nusantara dan pengukuhan Babinpotmar bertujuan untuk mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi maritim.

Kedepannya Babinpotmar dapat bekerjasama dengan Babinsa TNI AD, Babinpotdirga TNI AU serta Bhabinkamtibmas dari Kepolisian, dengan tujuannya agar mereka bersama sama memberikan rasa aman dan ketertiban wilayah serta mensejahterakan masyarakat terutama yang berada di wilayah kerjanya masing-masing.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dan berjalan lancar, yang sudah terjalin dengan erat dan lebih di tingkatkan lagi di masa mendatang,” tutur Danlantamal IV Tanjungpinang.

Bp Batam 2020
BACA JUGA :  Lantamal IV Tanjungpinang Sembelih 21 Ekor Hewan Kurban

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.