Damkar Tanjungpinang Sosialisasi Buku Pedoman Redkar dan Aplikasi Lapor Damkar

waktu baca 2 menit
Rabu, 9 Nov 2022 19:10 0 11 Indra Priyadi

Tanjungpinang – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang bersama Redkar ( Relawan Pemadam Kebakaran) Kelurahan Senggarang memberikan beberapa informasi salah satunya yakni buku saku bagi Redkar dan Masyarakat dalam menanggulangi bahaya Kebakaran, Selasa (08/11) pagi.

Kegiatan ini dilakukan di rumah Ibu Ros Senggarang Besar Kelurahan Senggarang Kecamatan Tanjungpinang Kota yang di gagas oleh Kepala Bidang Pencegahan DPKP Desi Afriyanti SE beserta tim dari Analisis Kebakaran.

Tampak salah seorang tim Analisis Kebakaran, Bintang memberikan paparan buku saku Redkar kepada Redkar Kelurahan Senggarang dan masyarakat serta menjelaskan tentang cara mengatasi bilamana terjadi bahaya kebakaran di dapur.

Desi Afriyanti menyampaikan buku saku tersebut nantinya akan di share ke Group Redkar maupun group yang ada di masyarakat. Selain itu pihaknya juga mensosialisasikan aplikasi Lapor Damkar Tanjungpinang yang kini sedang tahap verifikasi di Playstore.

“Ini juga salah satu peningkatan kinerja Damkar Kota Tanjungpinang dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan tutorial video melalui YouTube Fire Fighter Tanjungpinang cara penggunaan alat pemadaman api ringan ( Apar_red ) maupun pemadaman secara tradisional,” ungkap Desi.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan pelayanan lebih baik kepada masyarakat apabila masyarakat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

“Harapan kami ini dapat meningkatkan pelayanan lebih baik kepada masyarakat yakni pada saat masyarakat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan atau kondisi yang membahayakan seperti ular masuk rumah, binatang buas seperti lebah, tawon dan lainnya silahkan menghubungi damkar ke nomor 0771-24949,” pungkas Desi.

Diketahui dalam buku saku Redkar sendiri tercantum tugas dan kewajiban bagi seluruh anggota Redkar. Adapun tugas Redkar sendiri memantau kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan kebakaran, mengidentifikasi potensi bahaya kebakaran di lingkungannya, pemetaan sederhana daerah rawan kebakaran di lingkungannya, membantu melaksanakan piket jaga di Pos pemadam kebakaran dan Pos Terpadu di lingkungannya masing-masing, membantu petugas kebakaran dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan melaksanakan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bahaya kebakaran.

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 364.1-306 tahun 2020 tentang pedoman relawan pemadaman kebakaran ada 6 hak dan kewajiban Redkar salah satunya yaitu wajib mentaati peraturan dan prosedur pemadam kebakaran dan penyelamatan serta wajib meningkatkan pengetahuan ketrampilan dan kemampuan dalam penanggulangan kebakaran dan penyelamatan dan berhak mendapatkan perlindungan hukum dalam membantu penanggulangan kebakaran.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

harian tni kepri

revisi iklan dan medsos

post 1080x1080
whatsapp image 2022 11 18 at 11.27.52

Smsi Group