oleh

Corona Bisa Sembuh Sendiri, Drg Windra: Pasien Covid-19 Bukan Aib Tidak Perlu Dijauhi

Harianmemokepri.com | Anambas — Meningkatnya penularan Virus Corona di Indonesia, khususnya wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau mengindikasikan potensi penularan masih terus berlangsung.

Sejak 5 November 2020 masyarakat Anambas dikejutkan dengan penemuan kasus Covid-19 pertama dan terus meningkat pada 24 November 2020 tercatat 31 orang terkonfirmasi Positif Covid-19, 10 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Mengingat kondisi saat ini, Direktur RSUD Palmatak, Drg Windra Agus Yulianto minta seluruh warga diharapkan kepatuhannya untuk taat pada protokol kesehatan. Dan yang paling penting juga diharapkan pengertian dan pemahaman dari seluruh masyarakat Anambas bahwa pasien positif Covid-19 bukan aib yang harus dijauhi.

“Selama pasien di dalam rumah menjalankan isolasi mandiri dan tidak ada kontak dengan warga sekitar, jangan takut akan tertular selama kita memakai masker dan menjaga jarak,” ucap Direktur Drg Windra Agus Yulianto saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Dikutip republik.co.id, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menjelaskan, penyakit yang dibawa virus korona tergolong self limited disease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendiri seiring jalannya waktu tanpa ada intervensi medis. Namun kondisi tersebut bisa terjadi dengan satu syarat, yakni daya tahan tubuh yang baik dan asupan gizi tercukupi.

Mengenai pernyataan Kemenkes Achmad Yurianto, Drg Windra menyatakan Pasien Covid-19 yang menjalankan karantina mandiri di rumah sangat butuh support, mental dari warga sekitar agar imunitasnya tetap terjaga.

Pasien Covid-19 bukan aib, Kata Drg Windra, “Tidak perlu dijauhi atau dikeluarkan dari rumahnya dan untuk pasien terkonfirmasi positif yang tanpa gejala (OTG) bisa dikarantina di rumah masing-masing dengan sistem pengawasan gotong royong dari tetangga sekitar,” terangnya.

Bp Batam 2020
BACA JUGA :  Bupati Natuna Lakukan Pembaretan 55 Anggota Satpol PP Baru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.