Beranda Berita Kepri BPN Lingga Sosialisasi Kegiatan Redistribusi 400 Hektar Tanah untuk 400 Kepala Keluarga

BPN Lingga Sosialisasi Kegiatan Redistribusi 400 Hektar Tanah untuk 400 Kepala Keluarga

BPN Berikan Sosialisasi Kegiatan Redistribusi 400 Hektar Tanah untuk 400 Kepala Keluarga

Harian Memo Kepri | Lingga — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lingga memberikan sosialisasi kegiatan Redistribusi tanah sebanyak 400 Hektar untuk 400 KK warga Desa Linau, Senin (08/07/19).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Linau, Musdar, Sekretaris Desa, Ispendi, BPD, Taufik. Juga beberapa tokoh perangkat desa dan dari Bidang Penataan Lahan Basran Monte serta dua orang staf bidang pengukuran lahan Badan Pertanahan Nasional(BPN) Kabupaten Lingga

Basran Monte dari Bidang Penataan Lahan BPN mengatakan, untuk kegiatan Redistribusi tersebut diminta agar kepala desa segera memberikan laporan penataan dan pengukuran lahan untuk mempermudah proses sertifikasi di luar lahan yang sudah diterbitkan sertifikatnya.

“Yang kita proses sekarang ini merupakan tanah yang belum ada sertifikat dan bidang tanah transmigrasi yang betul-betul belum di sertifikasi dan belum di terbitkan sertifikatnya, makanya nanti akan kita koordinasi dengan instansi terkait seperti pihak transmigrasi khusus kepala desa dan tua-tua kita di sini supaya calon peserta redistribusi itu betul-betul memang dia tinggal di sini dan betul-betul tanah itu di kuasai dan di kerja kan dengan aktif begitu inti nya,” jelas Basran Monte.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut harus selesai di tahun 2019, dan dari pihak Masyarakat diharapkan untuk bisa bekerjasama dengan baik, agar selesai kegiatan tersebut tidak menimbulkan permasalahan.

“Setelah sosialisasi ini kita turun lagi melakukan pengukuran, setelah nanti informasi dari pak Kades bahwa tanah yang akan dilakukan sertifikasi ini sudah dirintis, karena belum ada rintisan hingga sekarang. Karena kegiatan ini juga harus selesai di tahun 2019 tidak bisa di tahun 2020, makanya saya sampaikan tadi ke masyarakat kita juga harus betul-betul, artinya bekerja dengan baik supaya tanah yang kami terbitkan sertifikatnya betul-betul bisa mempunyai kekuatan hukum” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Musdar menyampaikan, pihaknya akan segera melaksanakan permintaan yang di sampaikan Basran Monte terkait penataan lahan olehnya.

“Saya bersama pihak desa akan segera melaksanakan apa yang menjadi perintah pihak BPN terkait kegiatan redistribusi ini, dan kami juga berharap khususnya kepada masyarakat dapat bekerjasama agar kegiatan ini nanti dapat terselesaikan dengan baik,” tutup Musdar.

Penulis | Herdoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.