oleh

Bimtek PTPS, Ropi: Penegakan Disiplin Prokes Penting Bagi KPPS

Harianmemokepri.com | Anambas — Panitia Pengawas Pemelihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Sabtu (28/11/2020).

Bertempat di Aula MDA Desa Impol, Bimtek yang telah berlangsung diikuti 3 orang PTPS perwakilan masing-masing desa dan segenap segenap jajaran panwas yang bertugas di kecamatan Jemaja barat (Jebat), Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sabri selaku ketua dalam amanahnya menyampaikan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Anambas menekankan bagi petugas PTPS untuk bekerja secara profesional dapat menjaga kode etik sesuai aturan DKPP yang berlaku.

Dalam yang kesempatan sama, Panwas Divisi Hukum Penindakan pelanggaran Jemaja Barat, Ropi secara tegas menyampaikan dimasa pendemi Covid -19 penegakan disiplin prokes bagi pemilih penting untuk ditegakkan mengingat banyaknya pasien positif yang sudah terpapar. Untuk itu, selalu gunakan masker dan tetap jaga jarak aman dalam bertugas.

“Referensi bagi PTPS ada buku panduan, saya berharap PTPS membaca dan mahami PKPU no. 18 tahun 2020 mengatur Protokol Kesehatan (Prokes),” ucap Ketua Ropi.

Ia mengingatkan, hal yang terpenting gunakan APD, beri rasa nyaman kepada pemilih dalam bertugas. Jika ditemukan pelanggar langsung himbau KPPS yang bertugas.

“Kemudahan dalam penindakan pelanggaran PTPS koordinasi ke PKD dan teruskan ke Panwascam. Jika ada hal yang jadi pertanyaan oleh pemilih di TPS sarankan ke KPPS untuk menjawab. Tugas PTPS mengawas sesuai ketentuan aturan PKPU yang mengatur,” Tuturnya.

“Saran saya, jangan menjawab apa yang bukan tanggung jawab PTPS, jangan sampai jawaban PTPS jadi acuan pemilih,” Sambungnya.

Selain itu, Ia mengatakan tugas PTPS dalam Pengawasan wajib menuangkan hasil pengawasan di LHP, kemudian memberikan saran perbaikan kepada KPPS jika ditemukan penyimpangan terutama masalah perlengkan TPS pastijan Prokes sesuai dengan aturan.

Bp Batam 2020
BACA JUGA :  Istri Wagub Kepri Safari Ramadhan di Natuna, Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.