Begini Persyaratan Uji Kompetensi Wartawan Langsung ke Jenjang Utama

  • Bagikan
Dewan Pers (Foto : Istimewa)

Nasional — Baru-baru ini Dewan Pers mengeluarkan peraturan tentang Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Akselerasi Jenjang Utama bernomor 2/PERATURAN-DP/III/2021.

Dengan terbitnya peraturan ini maka setiap wartawan dengan persyaratan tertentu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti uji kompetensi wartawan langsung ke jenjang utama tanpa melalui jenjang muda dan madya.

Pengaturan persyaratan UKW melalui jalur ini tertuang di Bab II pasal 2 yang tertuliskan bahwa peserta wajib warga negara Indonesia dan berumur minimum 37 tahun.

Kemudian peserta juga harus menjadi wartawan secara terus menerus minimal 10 tahun terakhir dibuktikan dengan surat keterangan kerja oleh Perusahaan Pers yang berbadan hukum Indonesia dalam bentuk Perseroan Terbatas, Yayasan, Koperasi atau badan hukum pers lain yang dibentuk oleh negara.

Selanjutnya peserta harus memiliki prestasi di bidang jurnalistik secara nasional atau menerbitkan buku melalui penerbit yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia atau lembaga pemerintah lain yang berwenang atau jurnal ilmiah yang terbit dalam jurnal nasional terakreditasi terkait jurnalistik atau komunikasi.

Selain itu peserta juga harus memiliki rekomendasi dari minimal 3 Pemimpin Redaksi atau Penanggung jawab Perusahaan Pers yang memiliki reputasi baik dan bersertifikat Wartawan Utama.

Peserta merupakan Redaktur atau Produser pada media yang telah memiliki sertifikat verifikasi faktual Dewan Pers.

Sedangkan persyaratan terakhir adalah, peserta mendapatkan rekomendasi dari Organisasi Wartawan konstituen Dewan Pers.

Sementara pengaturan mekanisme pengajuan dan uji kompetensi lewat jalur ini tertuang di Bab III, Pasal 3 yang berbunyi diantaranya, setiap orang dan perusahaan pers dapat mengajukan permohonan untuk menjadi calon peserta UKW Akselerasi Jenjang Utama kepada Lembaga Uji dengan menyerahkan persyaratan sebagaimana tersebut diatas.

Selanjutnya Lembaga Uji mengajukan pemohon sebagai calon peserta UKW Akselerasi Jenjang Utama kepada Dewan Pers.

Kemudian Dewan Pers akan melakukan pemeriksaan dan validasi terhadap persyaratan calon peserta UKW Akselerasi Jenjang Utama dan mengeluarkan rekomendasi terhadap hasil pemeriksaan dan validasi paling lama 10 hari kerja sejak persyaratan diterima.

Jika calon peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat, Dewan Pers akan menginformasikan kepada Lembaga Uji untuk dilengkapi dan diperbaiki.

Namun jika calon peserta memenuhi persyaratan maka Dewan Pers akan mengeluarkan rekomendasi persetujuan.

Dalam peraturan ini Dewan Pers menyatakan bahwa mekanisme penyelenggaraan UKW Akselerasi Jenjang Utama dilaksanakan sesuai Peraturan Dewan Pers Nomor: 01/Peraturan-DP/X/2018 tentang Standar Kompetensi Wartawan atau peraturan pengubahannya.

Dewan Pers juga menegaskan bahwa Sertifikat UKW yang disahkan pada periode 2018 hingga 2020 atau periode
sebelum ditetapkannya Peraturan Dewan Pers ini tetap berlaku.

Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.