Bastian Bantah Dugaan Salahi Aturan Penjualan BBM Bersubsidi

POPULER HARI INI

Herdoni
Wartawan Lingga

Lingga — Bastian atau akrab disapa Acen, Warga Sub penyalur BBM Bersubsidi di Desa Rejai, memberikan keterangan terkait pemberitaan sebelumnya, yang mengatakan bahwa dirinya diduga melakukan tindakan yang menyalahi aturan penjualan BBM Bersubsidi jenis solar kepada masyarakat nelayan yang ada di Desa Rejai. Senin,(12/04/21).

Kepada awak media harianmemokepri.com Bastian menjelaskan, dugaan pertama yang mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan penipuan tentang penjualan BBM Bersubsidi kepada masyarakat nelayan Desa Rejai dari tahun 2016 hingga tahun 2020, itu sama sekali tidak benar, karena menurut Bastian di tahun tersebut dirinya tidak pernah menjadi Sub penyalur BBM bersubsidi, melainkan hanya bertugas sebagai pengangkut dari pangkalan untuk di bawa ke Desa Rejai.

Dugaan selanjutnya, tentang dirinya telah melakukan tindakan penyalahgunaan data beberapa warga nelayan Desa Rejai, untuk mendapatkan BBM bersubsidi jenis solar, Bastian juga mengatakan itu tidak benar, karena meskipun tidak memiliki data masyarakat nelayan yang ada di Desa Rejai, tetap mendapatkan BBM bersubsidi jenis solar tanpa pengecualian.

“Karena pada tahun 2016 hingga 2020, belum ada pembentukan sub penyalur BBM subsidi se Kabupaten Lingga, jadi itu sama sekali tidak benar. Dan sampai hari ini, tidak pernah ada kelangkaan BBM solar di Desa Rejai untuk masyarakat.” jelas Bastian via pesan Watsap.

Lebih lanjut Bastian menjelaskan, terkait pengurusan surat rekomendasi BBM bersubsidi milik Nelayan Desa Rejai, diakuinya sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, dirinya yang melakukan pengurusan ke Dinas Perikanan Kabupaten Lingga.

Dan pada saat Aliang bergabung dengan organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lingga, pengurusan surat rekomendasi di urus oleh Aliang melalui organisasi tersebut.

“Pada masa itu pula HNSI memfasilitasi segala pengurusan rekomendasi, namun itu pun sebatas untuk kapal nelayan, kalau untuk pengurusan sektor usaha mikro, rumah ibadah, dan kapal angkut yang memerlukan penggunaan BBM Subsidi, saya lah yang mengurus ke Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Bagian Ekonomi dan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga sekitar akhir tahun 2020 lalu.” Lanjut Bastian menjelaskan.

BACA JUGA :  Dimarahi, Anak 12 Tahun Tikam Kepala Sekolah hingga Tewas
BACA JUGA :  Monitoring dan Evaluasi Capaian Pelaksanaan RPJMD dan Penerapan Visi Misi Dinas Kominfotik Anambas

Sementara itu, Juandi Kades Desa Rejai, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, saat dikonfirmasi awak media harianmemokepri.com menduga, permasalahan yang terjadi saat ini di desanya, disebabkan hanya karena miskomunikasi antara pihak Sub penyalur dengan sejumlah warga nelayan, sehingga permasalahan yang awalnya kecil menjadi diperbesar.

Juandi berharap, permasalahan tersebut bisa diselesaikan terlebih dahulu dengan cara bermusyawarah baik di tingkat RT, RW ataupun Desa, sebagai jalan pencarian solusi sekaligus mufakat bersama tentang tindak lanjut seperti apa yang harus di ambil jika warganya yang bertugas sebagai Sub penyalur tersebut memang terbukti bersalah.

“Dan kami selaku pihak Pemerintahan desa, tetap ingin bagaimana selalu terwujudnya keharmonisan hubungan antar masyarakat, dan selama ini saya melihat warga saya baik-baik saja, dan belum pernah ada yang mengadu atau mengeluh tentang kelangkaan BBM atau pun tidak bisa membeli minyak,” kata Juandi.

“Jadi saya harap warga jangan mudah menuduh, atau mudah terprovokasi dengan hal-hal yang tidak sepenuhnya di ketahui, supaya tidak timbul pemahaman-pemahaman yang salah, kalau sudah begini otomatis ada pihak yang dirugikan, siapa yang mau bertanggung jawab,”

“Dan setelah nanti di dudukkan, kalau memang misalnya si Sub penyalur ini terbukti melakukan kesalahan, atau menipu warga, sehingga terjadi kelangkaan BBM di Desa Rejai, maka kami dari pemerintahan desa yang lebih dulu akan membuat tindakan,” pungkas Juandi.

 


 



Bp Batam 2020banner dprd 2021 (1)Banner Pemko Tanjungpinang 2020

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img
spot_img
spot_img