Banten di Guncang Gempa, BMKG : Itu Tak Berpotensi Tsunami

HarianMemoKepri.com, Peristiwa – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Sukabumi Selasa (23/1). Guncangan terasa hingga Jakarta dan sekitarnya. Diharapkan masyarakat tetap tenang, karena menurut BMKG gempa tak berpotensi tsunami.

Gempa berkekuatan M=6,1 melanda wilayah Samudera Hindia, Selatan Jawa dengan titik gempa di Kota Bojonghaur, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Menurut BMKG pusatnya terjadi di koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Bojonghaur dari kedalaman 61 km terjadi tepat pukul 13:34:53 WIB berlangsung sekitar dua menit. BMKG mengatakan masyarakat tak perlu khawatir karena gempa yang terjadi Selasa (23/1) siang ini tak berpotensi tsunami.

Akibat gempa tersebut, masih menurut BMKG, guncangannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, II SIG-BMKG (IV-V MMI). Terjadi kerusakan di beberapa jalan sekitar terjadinya gempa yang cukup parah. Gempa tektonik di Selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedapaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil dari rilis dan monitoring BMKG, hingga pukul 13.46 WIB tak ada aktivitas gempa susulan atau aftershock. Warga diminta tenang dan jangan termakan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebagai informasi, Kabupaten Sukabumi punya banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. Seperti beberapa pantai di Cisolok, yakni Pantai Karang Hawu, Pantai Cibangban, Pantai Kebon Kelapa, Pantai Nambo, dan Pantai Karang Haji. Beberapa tempat lokasi itu masih aman untuk dikunjungi. (E-One01)

more recommended stories